Kakatua dan Blue Gold Macau di Lembang Park and Zoo Berhasil Dikembangbiakan

Minggu, 04 Oktober 2020 - 15:25 WIB
loading...
Kakatua dan Blue Gold Macau di Lembang Park and Zoo Berhasil Dikembangbiakan
Sejumlah wisatawan sedang menikmati dan bermain di wahana burung raksasa di objek wisata Lembang Park and Zoo yang berada di Jalan Kolonel Masturi, Parongpong, Lembang, KBB. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG BARAT - Burung jenis Kakatua dan Blue Gold Macau koleksi satwa yang ada di objek wisata Lembang Park and Zoo berhasil dikembangbiakan. Itu menjadi keberhasilan pengelola objek wisata yang berada di kawasan Parongpong, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dalam menjaga pelestarian hewan.

"Selama dua bulan terakhir ini tercatat ada sejumlah burung yang bertelur dan menetas, di antaranya adalah jenis Kakatua Bare Eye dan satu ekor burung jenis Blue Gold Macaw," sebut Manajer Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto, Minggu (4/10/2020). (Baca: Pelaku Utama Perdagangan Hewan Langka di Samarinda Dibekuk)

Iwan menyebutkan, anak-anak burung tersebut kini sedang dalam penanganan khusus dan dirawat intensif supaya bisa terus tumbuh kembang hingga dewasa. Sebagian ada yang ditempatkan di kandang berupa kubuh raksasa yang mampu menampung ratusan ekor burung. Koleksi burung di kubah raksasa tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lembang Park and Zoo yang baru buka sejak akhir tahun lalu total memiliki satwa burung sebanyak 168 ekor dari 53 jenis burung, dalam dan luar negeri. Beberapa di antaranya adalah hasil breeding koleksi sendiri. Selain itu terdapat juga berbagai koleksi hewan lainnya yang total berjumlah 600 lebih satwa dan juga dilengkapi restoran yang di dalamnya ada kandang harimau, wahana rekreasi, foodcourt, dan kolam pancing.

"Salah satu bangunan ikonik di sini adalah bangunan megah sangkar burung raksasa yang dihuni oleh ratusan burung. Koleksi burung itu selain dipamerkan juga menjadi koleksi untuk breeding," imbuhnya. (Baca: Perdagangan Satwa Langka Lewat Media Sosial Dibongkar)

Keeper burung di Lembang Park and Zoo, Rizki Sasmita menuturkan, keberhasilan burung Kakatua Bare Eye dan Blue Gold Macaw bertelur dan menetas adalah sebuah kebanggaan. Dia mengaku sangat menyukai pekerjaannya sebagai keeper karena bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis burung.

Selain itu dapat terlibat langsung dalam mengembangbiakan satwa langka dari dalam dan luar negeri. "Hewan-hewan di sini sangat diperhatikan, seperti standar kebun binatang di luar negeri. Perkembangbiakannya juga turut dijaga supaya bisa menghasilkan keturunan," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2950 seconds (0.1#10.140)