Lampu Suar dan Jangkar Kapal, Jejak Dahsyatnya Letusan Krakatau di Bandar Lampung

Minggu, 20 September 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Sedangkan semburan abu vulkanik yang mencapai tinggi 2.000 meter itu sebenarnya kolom asap. Tingginya bervariasi dari 200 meter sampai 2.000 meter.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kristianto mengatakan, mengemukakan, semburan kolom asap Gunung Anak Krakatau tidak berbahaya bagi warga sekitar. Karena itu, PVMBG merekomendasikan jarak aman 5 kilometer. Nelayan dilarang beraktivitas di dekat gunung api tersebut.

Lampu Suar dan Jangkar Kapal, Jejak Dahsyatnya Letusan Krakatau di Bandar Lampung

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Badan Geologi, Kemen ESDM Kristianto. Foto/Istimewa

Semburan kolom asap, tutur Kristianto, juga tidak membahayakan aktivitas penerbangan pesawat. Laporan perkembangan dan aktivitas gunung api sebagai bentuk kewaspadaan dan keselamatan penerbangan, Sub Bidang Gunung Api Wilayah Barat PVMBG selalu mengirim laporan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maskapai penerbangan, dan pengelola bandara.

"Kalau pelayaran, aman. Sebab pelayaran penyebarangan Merak-Bakauheni atau sebaliknya tidak melewati kawasan Gunung Anak Krakatu. Lintasan penyeberangan kapal jauh, berjarak 5 kilometer lebih dari gunung api ini," tutur Kristianto.

Sejarah Panjang Krakatau
Sementara itu, dalam laman geologi.esdm.go.ide, dijelaskan, dulunya, Gunung Krakatau memiliki tiga tubuh gunung, yakni Gunung Rakata, Danan, dan Perbuatan. Ketiga tubuh gunung ini saling bertumpuk.

Pada erupsi dahsyat pada 26 Agustus 1883, tubuh Gunung Danan dan Perbuatan, hancur dan hilang. Sedangkan tubuh Gunung Rakata, tersisa setengahnya. Setelah megaletusan itu, terbentuk kaldera di bawah permukaan laut dengan diameter sekitar 7 km. Muncul pula tiga gugusan pulau, yakni sisa Gunung Rakata, Pulau Sertung, dan Panjang.

Ketiga gugusan pulau ini membentuk segitiga. Pada 1927, peneliti gunung api asal Belanda menemukan di bekas tubuh Gunung Danan yang telah hilang dari permukaan, keluar erupsi dari dasar laut. Pada 29 Desember 1929, muncul kerucut di atas permukaan laut.

Ini menandai Gunung Anak Krakatau muncul ke permukaan. Jika dihitung dari 1927 sampai sekarang, sekitar 91 tahun, tinggi Gunung Anak Krakatau saat ini mencapai 300 meter. Artinya, gunung ini tumbuh, ketinggannya rata-rata bertambah tinggi tiga meter tiap tahun.

Karena tumbuh, Gunung Anak Krakatau ini sering meletus atau erupsi. Jadi sebetulnya, erupsi yang terjadi sejak Senin 18 Juni sampai Januari 2019 itu, sudah biasa dan sering terjadi, bukan peristiwa luar biasa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)