11 Tenaga Kesehatan Positif COVID-19, RSUD Panyabungan Ditutup

Senin, 07 September 2020 - 02:18 WIB
loading...
11 Tenaga Kesehatan Positif COVID-19, RSUD Panyabungan Ditutup
RSUD Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, ditutup setelah 11 tenaga medisnya positif COVID-19. Foto/iNews TV/Ahmad Husein Lubis
A A A
MANDAILING NATAL - Pelayanan kesehatan di RSUD Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, terpaksa ditutup setelah 11 tenaga kesehatannya dinyatakan positif COVID-19 .

(Baca juga: Upacara Adat 'Upah Upah' Lepas Keberangkatan Bacabup Madina )

Diduga, penularan COVID-19 di RSUD Panyabungan tersebut, berawal dari seorang dokter spesialis kandungan yang habis bepergian dari luar kota, dan dinyatakan positif COVID-19 .

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Madina, Sumatera Utara, hingga Minggu (6/9/2020) jumlah penderita COVID-19 mencapai sebanyak 16 orang, dan 11 di antaranya merupakan tenaga medis di RSUD Payabungan.

Tenaga medis yang terpapar COVID-19 tersebut, sebagian besar merupakan tenaga medis yang bertugas di poliklinik kebidanan. Dokter spesialis kandungan yang sebelumnya berpergian keluar kota, dan dinyatakan positif COVID-19 , memiliki kontak erta dengan tenaga medis di poliklinik kebidanan.

(Baca juga: Adik Ipar Ganjar Pranowo Jadi Penantang Patahana Dari PDIP )

Meskipun dilakukan penutupan layanan kesehatan untuk sementara waktu, namun para pasien yang sudah terlanjur menjalani rawat inap di RSUD Panyabungan, masih tetap dilayani dengan mendatangkan tenaga medis dari luar RSUD Panyabungan.

Bupati Madina, Dahlan Hasan Nasution, telah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madina, memberikan bantuan tenaga medis dari Puskesmas terdekat. "Tenaga medis dari Puskesmas terdepat, kami minta diperbantukan di RSUD Panyabungan," tegasnya.

(Baca juga: 500 Prajurit TNI Tiba di Papua, Antisipasi Kerawanan di Pegunungan )

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Madina tersebut, juga meminta RSUD Panyabungan, untuk sementara tidak menerima pasien rawat jalan dan rawat inap. Layanan yang dibuka hanya gawat darurat saja.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)