Patung Andi Mattalatta di Anjungan Losari Makassar Diresmikan

Senin, 31 Agustus 2020 - 14:14 WIB
loading...
Patung Andi Mattalatta di Anjungan Losari Makassar Diresmikan
Peresmian patung Mayjen (Purn) Andi Mattalata di Anjungan Losari Makassar yang dihadiri keluarga besarnya dan sejumlah tokoh. Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Keluarga Mayjen TNI (Purn) Andi Mattalatta mengenang 1 abad tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia yang lahir Lahir (1/9/1920) di Jampue-Barru, Sulawesi Selatan, dan wafat (26/10/2004) di Makassar.

Seremoni 1 abad ditandai dengan peresmian Patung Andi Mattalatta di Anjungan Pantai Losari. Tidak hanya anak, cucu, cicit dan keluarga besarnya yang hadir, beberapa veteran, pejabat dan tokoh masyarakat pun hadir.



Asisten I Bidang Pemerintahan Sabri, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Rusmayani Madjid, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar Rossy Timur Wahyuningsih, Mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS) dan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto (DP).

Mewakili keluarga, Andi Ilhamsyah Mattalatta mengatakan, patung yang diresmikan merupakan pengganti dari patung yang sudah ada, yang telah dibuat beberapa tahun lalu.

"Patung yang dibangun untuk mengenang jasa pahlawan khususnya di Sulsel dimulai pada saat revitalisasi Pantai Losari yang diprakarsai Mantan Wali Kota Almarhum Andi Malik Baso Masry, yang dilanjutkan dan diselesaikan Pak IAS, dimana keseluruhan desainnya dibuat Pak DP," kata Ilhamsyah.

Ilhamsyah beraharap, patung ini dapat dilihat dan mengetahui sosok Andi Mattalatta, minimal mereka mengenang.

"Patung lama yang dibuat jauh daripada bentuk wajah dari Andi Mattalatta. Kami pihak keluarga mencari pematung andal, dibuat sedemikaian rupa dan menyerupai wajah almarhum 99 persen," ujarya.

"Patung ini dibuat seniman patung terkenal di Yogyakarta Dunadi. Bahannya dari fiber, kebetulan saya bersahabat dengan pematungnya," jelas Ilhamsyah.

Ia pun memberi apresiasi kepada IAS dan DP sehingga patung-patung ini jadi pelengkap di Anjunga Pantai Losari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)