Misteri Lokasi Pakuan Pajajaran, Ibu Kota Kerajaan Sunda yang Hilang Misterius

Kamis, 05 September 2024 - 05:58 WIB
loading...
A A A
Karena ketika sungai ini betul-betul mengalir di ibu kota dan sejajar beberapa kilometer, maka wilayahnya dinamakan Pajajaran, artinya tanah dua tiga aliran. Begitulah ten Dam menafsirkan wilayah ibu kota Pajajaran.

Nama kota umumnya kerap menjadi nama negara, sedangkan kata pakuan, menurutnya bukan nama tetapi kata jenis yang berarti kota. Pendek kata, ten Dam mengartikan pakuan sebagai kota dan keraton disebutkedatuan.

Adapun nama ibu kotanya Pajajaran, yang kemudian digunakan sebagai nama kerajaan.Melihat penafsiran ten Dam ini lokasi identik dengan Kota Bogor.

Pasalnya keberadaan Pakuan yang diapit oleh Sungai Ciliwung dan Cisadane, dimana bagian yang melewati Kota Bogor sejajar.

Kedua sungai itu ketahuan sejajar apabila diamati peta Kota Bogor. Padahal sehari-harinya bahkan orang Bogor sekarang pun yang mengetahui peta kotanya tidak merasakan kesejajarannya.

Kedua sungai itu juga berkelok-kelok di bilangan Kota Bogor. Selain dua sungai tadi, ada satu sungai besar yang identik dengan lokasi benteng kokoh Pajajaran, yakni Sungai Cipakancilan, yang tak kalah berkelok-keloknya.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)