7 Keris Sakti Legendaris dari Nusantara, Mana Terkuat?

Selasa, 03 September 2024 - 12:33 WIB
loading...
7 Keris Sakti Legendaris...
Ada banyak keris sakti legendaris di Nusantara yang menarik diketahui. Foto/Ilustrasi
A A A
Ada banyak keris sakti legendaris Nusantara yang menarik diketahui. Kisahnya sendiri telah diceritakan secara turun-temurun sejak dulu.

Pada sejarah Nusantara, keris telah dikenal luas sebagai salah satu benda pusaka. Beberapa di antaranya bahkan dikisahkan memiliki kekuatan tertentu yang membuat penggunanya sakti mandraguna.

Lantas, apa saja keris sakti legendaris yang pernah eksis dalam sejarah Nusantara? Berikut ini ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2024).

Keris Sakti Legendaris Nusantara

1. Keris Nogososro


Keris Nogososro dikenal sebagai senjata pusaka sakti zaman Majapahit. Keris ini dibuat pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V oleh Mpu Sedayu atau lebih dikenal dengan nama Mpu Supo Mandrangi.

Ciri khas keris Nogososro adalah bagian luk 13 dengan bertahtakan emas dan berlian. Sementara dalam desainnya, keris ini memiliki motif naga utuh dengan mulut naga menggigit batu intan dari bagian gandik hingga ekornya.



Konon, pembuatan keris Nogososro ditujukan untuk meredam bencana yang kala itu sedang terjadi. 1.000 sisik pada keris ini disebutkan sebagai simbol kekuatan untuk menangkal 1.000 bencana.

2. Keris Kyai Sengkelat


Berikutnya ada keris Kyai Sengkelat. Masih dari Mpu Supo Mandrangi, keris ini dibuat atas perintah Sunan Kalijaga.

Sebagaimana karya lain dari Supo Mandrangi, keris Kyai Sengkelat juga disebut sakti mandraguna. Menurut kisahnya, pemilik keris ini akan mendapat kewibawaan dan kehormatan, serta menjadi disegani orang-orang.

3. Keris Kyai Carubuk


Pada namanya, Carubuk memiliki arti ‘Bagaikan Bumi’. Filosofinya adalah agar manusia dapat menerima segala situasi apa pun dengan lapang dada.

Melihat kisahnya, keris Kyai Carubuk dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi. Kemampuannya sendiri disebut mampu menandingi keris sakti Setan Kober yang dimiliki Arya Penangsang.

4. Keris Mpu Gandring


Bicara soal keris legenda, satu nama ini tentu sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia. Keris Mpu Gandring adalah namanya.

Pada riwayatnya, keris tempaan sosok bernama Empu Gandring ini merupakan permintaan dari Ken Arok. Namun, saat pengerjaannya belum selesai, Ken Arok yang tidak sabaran justru mengambilnya secara paksa dan membunuh Mpu Gandring.

Merasa dikhianati, akhirnya keris tersebut dikutuk oleh Mpu Gandring. Pada kutukannya, dia menyebut keris itu akan membunuh 7 keturunan dari Ken Arok sendiri.

5. Keris Setan Kober


Kemudian ada keris Setan Kober atau dikenal juga dengan Brongot Setan Kober. Konon, keris ini sempat dimiliki Sunan Kudus sebelum akhirnya diberikan kepada Arya Penangsang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)