Mengenal Kereta Singa Barong, Peninggalan Unik Keraton Kasepuhan Cirebon

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 15:24 WIB
loading...
Mengenal Kereta Singa...
Kereta Singa Barong menjadi salah satu peninggalan bersejarah Keraton Kasepuhan Cirebon. Menurut riwayatnya, dulu kereta ini dipakai sebagai kendaraan Sultan. Foto/Ist
A A A
KERETA Singa Barong menjadi salah satu peninggalan bersejarah Keraton Kasepuhan Cirebon. Menurut riwayatnya, dulu kereta ini biasa dipakai sebagai kendaraan Sultan saat menggelar acara penting seperti upacara kirab hingga penobatan raja.

Melihat asal usul sejarahnya, Kereta Singa Barong dibuat sekitar abad ke-15 Masehi. Pencetusnya sendiri adalah Panembahan Losari beserta ahli ukirnya.



Sebagaimana kereta khas zaman dulu, Kereta Singa Barong ditarik oleh hewan ketika digunakan. Pada eranya, kereta ini bahkan disebut memiliki teknologi canggih yang jarang ditemui.

Lebih jauh, seperti apa sebenarnya Kereta Singa Barong ini? Berikut ulasannya yang bisa disimak.

Kereta Singa Barong


Saat ini, Kereta Singo Barong menjadi salah satu ikon budaya Cirebon. Di dalamnya, peninggalan tersebut menyimpan kebanggaan tersendiri dari warisan sejarah pembuatnya di masa lalu.

Berkaitan dengan asal-usulnya, nama Kereta Singa Barong berasal dari kata 'Singarani' yang artinya 'memberi nama' dan 'Barong' yang berarti 'bebarengan atau bersama-sama'. Jadi, Singa Barong setidaknya bisa diartikan “memberi nama bersama-sama”.



Mengutip jurnal berjudul “Kereta Singo Barong di Keraton Kasepuhan Cirebon” dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, sisi menarik kendaraan tersebut terletak pada ukirannya yang berbentuk hewan aneh dan langka. Bahkan, hewan semacam itu tidak pernah dijumpai di alam ini.

Ukiran-ukiran di tubuhnya menggambarkan beberapa bentuk bagian tubuh hewan. Di antaranya seperti sayap burung, kepala naga yang menjulurkan lidah hingga belalai gajah yang memegang senjata Trisula.

Konon, ciri-ciri ukiran hewan aneh itu ditujukan untuk memberi gambaran kepada masyarakat bahwa konstruksi kebudayaan Cirebon di masa lampau terbentuk dari tiga unsur berbeda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)