Ibu dan Anak di Solok Sumbar Diserang Beruang Madu Ketika Berladang

Jum'at, 19 April 2024 - 16:33 WIB
loading...
Ibu dan Anak di Solok Sumbar Diserang Beruang Madu Ketika Berladang
Petugas sedang memberikan pengarahan dan cara mengusir beruang madu dengan menggunakan meriam karbit di Nagari Simanau, Kecamatan Tiga Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Foto/Rus Akbar
A A A
SOLOK - Dua warga Nagari Simanau, Kecamatan Tiga Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), diserang beruang madu ketika hendak pergi ke ladang. Kedua korban, yaitu adalah Roslaini dan anaknya Wilati Sari Ramada, mengalami luka cakar di tubuhnya.

Berdasarkan informasi dari BKSDA Sumbar kejadian tersebut pada Minggu (14/4/2024) pukul 7.30 WIB, ketika kedua korban hendak pergi ke ladang. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan beruang madu yang langsung menyerang.

“Beruang madu langsung menyerang Roslaini. Wilati berusaha menghalau beruang dengan melempari batu, namun dia juga diserang dan mengalami luka,” keteramgan tertulis BKSDA Sumbar, Jumat (19/4/2024).



Kedua korban dilarikan ke Puskesmas, namun Roslaini dirujuk ke rumah sakit M. Natsir Solok karena lukanya yang parah. Dia menjalani operasi pada tanggal 16 April 2024.

“Korban bernama Roslaini mengalami luka robek di bagian kepala dan wajah. Sementara anaknya, Wilati Sari Ramadan, mengalami luka robek di tangan kanan,” tulis BKSDA Sumbar.

Tim Konservasi Wilayah (SKW) 3 Balai KSDA Sumatera Barat telah turun ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Mereka berkoordinasi dengan pemerintah nagari dan masyarakat setempat untuk mencegah konflik beruang madu di masa depan.

Tim SKW 3 juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku beruang madu dan cara untuk menghindari konflik dengan satwa liar tersebut. Masyarakat diimbau tidak membuang minyak goreng sisa sembarangan karena dapat mengundang beruang madu.



Penghalauan beruang juga dapat dilakukan dengan bunyi-bunyian seperti meriam karbit. Beruang takut dengan suara bunyi yang keras dan gaduh.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4169 seconds (0.1#10.140)