5 Penyebab Keruntuhan Majapahit, Kepergian Tokoh Penting hingga Munculnya Pengaruh Islam

Kamis, 14 Maret 2024 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Pada akhirnya, peperangan dipilih sebagai jalan keluar mencari penguasa baru. Perang saudara ini lebih dikenal sebagai Perang Paregreg dan terjadi antara 1404 hingga 1406.

Hasil peperangan membuat pihak Bhre Wirabumi kalah. Kendati begitu, peperangan yang terjadi telah membuat kejayaan Majapahit semakin merosot.

4. Menguatnya Pengaruh Islam


Sekitar abad ke-15, pengaruh Islam berkembang pesat di Pulau Jawa. Menariknya, momen tersebut juga menjadi salah satu titik keterpurukan Kerajaan Majapahit.

Perkembangan Islam di Pulau Jawa ditandai dengan munculnya komunitas-komunitas baru seperti di Demak hingga Semarang.

Selain membawa ajaran yang berbeda dari agama-agama sebelumnya, keberadaan Islam juga mulai memengaruhi cara pandang masyarakat sehingga secara tidak langsung berpengaruh pula terhadap keruntuhan Majapahit.

5. Kemunculan Kerajaan Islam


Pada era menjelang keruntuhannya, Majapahit tak hanya dilanda perang saudara atau pemberontakan dari wilayah-wilayah kekuasaannya yang ingin merdeka. Satu ancaman lain datang dari kerajaan-kerajaan Islam.

Contohnya adalah Kerajaan Demak. Dipimpin Raden Patah, mereka pun mulai memperluas wilayahnya, termasuk menginvasi kekuasaan Majapahit di Jawa.

Terlepas dari riwayat kejayaan yang pernah dicatatkannya, serangan-serangan kerajaan Islam ini semakin melemahkan Majapahit.

Demikianlah ulasan mengenai deretan penyebab keruntuhan Kerajaan Majapahit. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)