Catatan Akhir Tahun Pj Gubernur Sultra, Fokus Pada Lima Bidang Kesra

Sabtu, 30 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
Catatan Akhir Tahun Pj Gubernur Sultra, Fokus Pada Lima Bidang Kesra
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengeluarkan catatan akhir tahun 2023, di mana prioritas kebijakan pembangunan difokuskan di lima bidang Kesra. Foto/iNews TV/Mukhtaruddin
A A A
KENDARI - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto mengeluarkan laporan singkat kepada publik sekaligus catatan akhir tahun 2023. Dia mendapatkan amanah menjabat Pj Gubernur Sultra mulai 5 September 2023.

"Saya mendapatkan tugas sebagai Pj Gubernur Sultra selama 117 hari di tahun 2023. Waktu tugas singkat di tahun 2023, saya fokuskan pada beberapa langkah strategi," ujar Andap dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/12/2023).



Lebih lanjut dia mengatakan, prioritas kebijakan pembangunan difokuskan di lima bidang kesejahteraan rakyat (Kesra). Pihaknya bekerja sama dengan seluruh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) se-Provinsi Sultra, untuk menuntaskan seluruh program tersebut.

Di bidang sandang, pangan dan papan, dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menjalankan sejumlah program. Di antaranya perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu), masing-masing 43 unit di seluruh kabupaten dan kota, serta gerakan pangan murah secara serentak di seluruh kabupaten dan kota.

Pada bidang kesra lainnya, sambung dia, pendidikan dan kebudayaan. Pemprov Sultra telah menjalankan sejumlah program, yakni penyaluran Program Indonesia Pintar bagi 49.058 siswa SMA/SMK/SLB di 17 kabupaten/kota, serta pemberian beasiswa bagi 167 mahasiswa berprestasi di Universitas Halu Oleo, Universitas 19 November, dan IAIN Kendari.

"Di bidang Kesra ini, kami juga menggelar Festival Kebudayaan Wakatobi Waves pada 2 sampai 6 November 2023 di Kabupaten Wakatobi. Kemudian, Sultra Tenun Karnaval pada 2 Desember sampai 3 Desember 2023 di Kota Kendari," kata Andap.



Pada bidang kesehatan, pekerjaan dan jaminan sosial, sambung dia, pihaknya menjalankan sejumlah program. Di antaranya peningkatan layanan Puskesmas menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Konawe Kepulauan, Penyaluran Peralatan Kewirausahaan bagi 54 kelompok UMKM di Kabupaten Konawe.

Selain itu penyaluran iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi 10 ribu Masyarakat Pekerja Rentan dan Pekerja Miskin Ekstrim di Kota Kendari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1369 seconds (0.1#10.140)