Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Terima Gelar Adat Suku Tolaki

Kamis, 21 Desember 2023 - 14:11 WIB
loading...
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Terima Gelar Adat Suku Tolaki
Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto menerima gelar adat Langgai Mandarano Wuta Ndolaki Sulawesi Tenggara dari Lembaga Adat Tolaki (LAT). Foto/Ist
A A A
KONAWE - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto menerima gelar adat "Langgai Mandarano Wuta Ndolaki Sulawesi Tenggara" yang bermakna Pria Cerdik Pandai di daerah Suku Tolaki Sulawesi Tenggara.

Penyerahan gelar adat oleh Lembaga Adat Tolaki (LAT) dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Konawe, Kamis (21/12/23).


Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPP Lembaga Adat Tolaki, Mashut Masie Abunawas.

"Langgai Mandarano Wuta Ndolaki Sulawesi Tenggara" merupakan gelar adat suku Tolaki yang sangat sakral, sampai dengan saat ini, Gelar Adat tersebut baru diberikan kepada 4 (empat) Gubernur yakni Alm Mayjen TNI Eddy Sabara, Alm Ir H Alala, Alm Laode Kaimoeddin, dan saat ini diberikan ke Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto," ujar Mashut.

Lembaga Adat Tolaki memiliki pertimbangan bahwa Pj Gubernur dianggap berjasa karena telah berkontribusi untuk mendaftarkan 40 Kekayaan Intelektual Komunal ( KIK) pada Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham, baik berupa Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) sampai dengan potensi indikasi geodrafis.

Disamping itu, Andap dianggap turut berkontribusi untuk melestarikan bahasa Tolaki yang diidentifikasikan hampir punah melalui program pada Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.



Pj Gubernur juga mendorong para Kepala Perangkat Daerah mengumpulkan manuskrip dan arsip bahasa Tolaki untuk diperjuangkan sebagai Memori Kolektif Bangsa (MKB), Ingatan Kolektif Nasional (IKON), dan Memory of The World Unesco.

"Merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi saya, namun di balik semua itu, penganugerahan gelar ini adalah sebagai amanah yang harus dipertanggung jawabkan melalui langkah-langkah nyata untuk menjaga nilai-nilai budaya adat suku Tolaki," ujar Andap.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat terus menjaga dan melestarikan budaya-budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur kita
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)