Karomah Pusaka Sunan Kalijaga, Rompi Ontokusumo dan Keris Kiai Carubuk

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan cerita sejak saat itu Sunan Kalijaga selalu mengenakan rompi tersebut. Rompi ini pulalah yang menjadi tameng dalam pertempurannya menaklukan ratu pantai selatan, Nyai Roro Kidul. Sehingga akhirnya penguasa pantai selatan itu akhirnya memeluk Islam.

Sementara pusaka Kiai Carubuk dibuat oleh Empu Supa, yang tak lain adalah sahabat Suna Kalijaga sendiri.

Saat diminta tolong untuk membuatkan keris untuk Sang Sunan, Empu Supa terkaget-kaget karena konon bahan yang diberikan padanya hanyalah besi berukuran sebuah biji asam.

Meski hanya sebesar biji asam, besi yang diberikan sunan sebagai bahan kerisnya ternyata memiliki berat yang luar biasa, tak sesuai dengan besar dan ukurannya.

Singkat cerita, Empu Supa kemudian selesai mengerjakan tugasnya. Keris yang sudah jadi itu kemudian dia serahkan pada Sang Sunan. Oleh sang sunan, keris dengan 17 lekuk itu kemudian diberi nama Keris Kiai Carubuk.

Keris ini sangat ampuh dan diwariskan turun temurun. Keris ini bahkan dapat mengalahkan kesaktian keris setan kober yang dipunyai Arya Penangsang saat terjadi pemberontakan di Mataram. Wallahualam Bishawab

Sumber:
- kisahasalusul
- wikipedia dan diolah dari berbagai sumber
(sms)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)