Kisah Gunung Bromo, Didiami Sosok Cantik Rara Anteng Pengikut Prabu Brawijaya

Selasa, 12 September 2023 - 06:06 WIB
loading...
Kisah Gunung Bromo, Didiami Sosok Cantik Rara Anteng Pengikut Prabu Brawijaya
Gunung Bromo memiliki cerita turun menurun mengenai sosok cantik Rara Anteng pengikut Prabu Brawijaya. Foto/SINDOnews/Yuswantoro
A A A
GUNUNG BROMO mengalami kebakaran karena ulah wisatawan yang menyalakan flare, sehingga membakar lahan di kawasan wisata andalan di Malang, Jawa Timur. Gunung dengan tinggi 1.868 meter di atas permukaan tanah (Mdpl) ini memiliki cerita turun menurun mengenai sosok Rara Anteng dan Jaka Seger.

Konon di antara para pengikut Prabu Brawijaya setelah Kerajaan Sengguruh jatuh, Rara Anteng tidak ikut serta Sang Prabhu mengungsi ke Panarukan, tetapi memisahkan diri menuju Gunung Brama.



Di sana ia kawin dengan putra seorang brahmana bernama Jaka Seger. Dari perkawinan itu lahir Purbawisena Mangkurat di Tengger. Nama Tengger berasal dari perpaduan nama Rara Anteng dan Jaka Seger, sebagaimana dikutip dari "Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit".



Sosok Roro Anteng sendiri dipercaya sebagai keturunan Kerajaan Majapahit dan titisan dewa yang memiliki paras cantik. Konon Kiai Bimo yang diberikan syarat untuk membuat lautan sebelum fajar tiba.

Namun usaha itu gagal karena Roro Anteng sengaja membangunkan Ayam Ayam berkokok.

Membuat Kiai Bimo percaya bahwa fajar telah tiba, sehingga ia sangat marah dan melemparkan sebuah batu besar yang tengkurap, saat ini dikenal dengan Gunung Batok.



Pernikahan Roro Anteng dan Joko Seger begitu bahagia, tetapi sayang mereka tak kunjung diberi anak. Mereka kemudian bertapa di gunung dan mendengar bisikan gaib bahwa mereka akan diberikan anak namun dengan syarat anak terakhir harus dikorbankan ke kawah Gunung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4271 seconds (0.1#10.140)