Ini Ramalan Ranggawarsita mengenai Pemimpin Indonesia, dari Bung Karno hingga yang Paling Ditunggu

Senin, 06 Februari 2023 - 15:36 WIB
loading...
Ini Ramalan Ranggawarsita mengenai Pemimpin Indonesia, dari Bung Karno hingga yang Paling Ditunggu
Pujangga Ranggawarsita atau Raden Ngabehi Ranggawarsita mengungkapkan konsep kepemimpinan yang terkait erat dengan ramalan masa depan Nusantara atau Indonesia. Foto/Wikipedia
A A A
PUJANGGA Ranggawarsita atau Raden Ngabehi Ranggawarsita mengungkapkan konsep kepemimpinan yang terkait erat dengan ramalan masa depan Nusantara atau Indonesia.

Ranggawarsita yang lahir pada masa kejayaan Pakubuwono IV (Keraton Solo) membagi sejumlah tipologi pemimpin yang akan memerintah rakyat Nusantara atau Indonesia.



Saat kitab Zaman Edan yang terkenal itu ia tuliskan, Ranggawarsita menyebut ada tujuh gaya kepemimpinan nasional yang akan melewati perjalanan sejarah kekuasaan di Nusantara.

Dalam hal ini rakyat Nusantara yang paling merasakan seperti apa perbedaan gaya kepemimpinan nasional itu satu sama lain.

Ranggawarsita merupakan cucu dari Yasadipura II. Terlahir dengan nama Bagus Burhan pada tahun 1802 dan wafat 1873, Ranggawarsita tersohor sebagai pujangga besar Kasunanan Surakarta.


Ranggawarsita saat muda juga pernah menjadi santri Kiai Ageng Kasan Besari, Ponorogo, Jawa Timur. Berikut tujuh tipologi kepemimpinan Nusantara menurut versi pujangga Jawa Ranggawarsita.

1. Pemimpin Satria Kinunjara Murwa Kuncara

Tipologi kepemimpinan ini dikaitkan dengan Presiden pertama RI Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno. Soekarno sebelum menjadi Presiden Indonesia, pernah mengalami masa keluar masuk penjara.

Ia pernah menghirup pengapnya udara penjara Sukamiskin. Pada masa kolonial Belanda, Bung Karno juga pernah dihukum buang ke luar Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)