Kisah Para Dewa Bermusyawarah di Gunung Bromo, Putuskan Jawa Dipimpin Ken Arok

Senin, 27 Maret 2023 - 06:07 WIB
loading...
Kisah Para Dewa Bermusyawarah di Gunung Bromo, Putuskan Jawa Dipimpin Ken Arok
Gunung Bromo. Foto/Dok.SINDOnews/Yuswantoro
A A A
Berdiri gagah dalam balutan kabut, Gunung Bromo menyajikan pemadangan alam yang luar biasa indah. Lautan pasir dan padang savana, bak permadani yang menjadi alas singgasana Gunung Bromo.

Baca Juga: Eksotika Bromo Bukti Suku Tengger Hidup Damai dengan Alam

Cerita mistis, legenda, dan kesucian Gunung Bromo, selalu menghiasi cerita rakyat Suku Tengger yang menghidupi lereng-lerengnya. Gunung Bromo, dipercaya menjadi salah satu gunung suci yang dijadikan tempat musyawarah para dewa.



Dalam Kitab Pararaton, gunung api yang secara geografis berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang tersebut, disebut dengan nama Gunung Lejar.



Gunung Bromo juga dikaitkan dengan kisah Ken Arok. Sebelum jadi penguasa Kerajaan Singasari, Ken Arok yang dikenal sebagai penjahat beberapa kali melarikan diri hingga akhirnya bertemu dengan nenek dari Panitikan, yang bertugas untuk membersihkan tempat bermusyawarah para dewa di puncak Gunung Lejar.

Sebagaimana dikisahkan pada Slamet Muljana dalam bukunya yang berjudul "Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit", musyawarah para dewa itu dilaksanakan setiap hari Rabu Hitam wuku Warigadyan.

Suatu ketika, Ken Arok bermaksud untuk pergi ke Gunung Lejar. Nenek dari Panitikan sanggup untuk membantunya dan menyembunyikannya jika para dewa datang untuk bermusyawarah.

Kisah Para Dewa Bermusyawarah di Gunung Bromo, Putuskan Jawa Dipimpin Ken Arok
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7089 seconds (0.1#10.140)