5 Fakta Kesaktian Keris Setan Kober, Pusaka Haus Darah yang Tewaskan Arya Penangsang

Selasa, 11 Juli 2023 - 12:09 WIB
loading...
A A A
Trenggana naik takhta sebagai Sultan Demak pada tahun 1521, dan pemerintahannya berakhir dengan kematiannya pada tahun 1546 saat mencoba menyerang Portugis.

4. Jadi Penguasa Demak

Pada tahun 1549, Arya Penangsang membalas kematian Raden Kikin dengan mengirim utusan bernama Rangkud untuk membunuh Sunan Prawoto dengan menggunakan Keris Kiai Setan Kober.

Namun, Rangkud dan Sunan Prawoto saling bunuh dalam pertempuran tersebut. Setelah kematian Sunan Prawoto, Arya Penangsang menjadi Penguasa Demak dengan gelar Sultan Demak V. Ia memindahkan ibu kota Kerajaan Demak ke Jipang. Namun, pemerintahannya tidak berlangsung lama.

5. Kematian Arya Penangsang

Arya Penangsang meninggal dalam pertempuran melawan Danang Sutowijoyo. Saat pertempuran terjadi, Arya Penangsang menggunakan Keris Setan Kober untuk mencoba membunuh Danang Sutowijoyo.

Namun, sialnya, ia malah terluka serius dan meninggal karena ususnya terpotong keris Setan Kober akibat serangan Danang Sutowijoyo. Dalam pertempuran itu, Patih Jipang, Ki Matahun, juga tewas.

Sedangkan Arya Mataram dan beberapa kerabat berhasil melarikan diri ke Palembang. Kematian tragis Arya Penangsang melahirkan tradisi baru dalam seni pakaian Jawa, khususnya busana pengantin pria, di mana pangkal keris yang dipakai sering dihiasi untaian bunga mawar dan melati sebagai simbol kesabaran dan menghindari sifat panas seperti yang dimiliki Arya Penangsang.

Dengan cerita sejarah yang mengelilingi Keris Setan Kober, senjata ini tetap menjadi pusaka bersejarah yang menarik untuk dipelajari. Keberadaannya dan kekuatannya menjadi bukti nyata keahlian para empu Jawa dalam menciptakan senjata tradisional yang memikat.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0794 seconds (0.1#10.140)