Gempa Bantul pada Jumat Pahing Bersifat Merusak, Begini Penjelasan Mantri Lindu

Minggu, 02 Juli 2023 - 16:51 WIB
loading...
A A A
Gempa Bantul pada Jumat Pahing Bersifat Merusak, Begini Penjelasan Mantri Lindu

Peta seismisitas Provinsi Jawa Tengah. Foto/@DaryonoBMKG

Selain itu, dalam unggahannya Daryono juga mengungkapkan, Kabupaten Bantul, merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks, karena terletak pada jalur sumber gempa sesar aktif, yaitu Sesar Opak yang memiliki potensi gempa berkekuatan Moment magnitudo (Mw) 6,6.

Dilansir dari magma.esdm.go.id, Moment magnitude (Mw) merupakan salah satu skala magnitudo yang menggambarkan besarnya energi yang dilepaskan selama gempa bumi, mulai dari awal sumber gempa bumi bergerak hingga berhenti.



Daryono juga mengungkapkan, wilayah Kabupaten Bantul juga berdekatan dengan jalur sumber gempa megathrust segmen Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Jalur ini memiliki potensi gempa bumi dengan kekuatan Mw8,7.

"Berdasarkan peta seismisitas Pulau Jawa dan sekitarnya, tampak bahwa sumber gempa megathrust selatan Jawa, dan Sesar Opak, tampak sangat aktif memicu gempa dangkal dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman," tulis Daryono, dalam akunnya @Daryono BMKG.

Gempa Bantul pada Jumat Pahing Bersifat Merusak, Begini Penjelasan Mantri Lindu

Catatan gempa merusak di Bantul, Yogyakarta. Foto/@DaryonoBMKG

Gempa merusak yang tercatat pernah terjadi di wilayah Kabupaten Bantul, menurut Daryono pertama kali tercatat pada tahun 1840. "Menurut Newcomb dan McCann (1987), gempa ini terjadi pada 4 Januari 19840. Daerah yang mengalami kerusakan meliputi Kebumen, Purworejo, Bantul, Salatiga, Demak, Semarang, Kendal, dan Banjarnegara," ungkapnya.

Dari catatan tersebut, gempa merusak kedua yang pernah terjadi di Bantul adalah pada 10 Juni 1867. Gempa ini menyebabkan ribuan rumah rusak, dan lebih dari 500 orang meninggal dunia. Gempa terasa hingga Klaten, Salatiga, dan Sragen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6044 seconds (0.1#10.140)