Kisah Brigadir Mudiyanto Polisi Pejuang Literasi, Tiap Hari Naik Motor Roda Tiga Keliling Pulau Natuna

Senin, 05 Juni 2023 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Setiap bulan, ada 200 anak yang datang ke Rumah Baca Bhabinkamtibmas. Rata-rata, anak yang datang untuk membaca buku berasal dari pelajar SD, SMP hingga SMA di Natuna.

"Target saya selama setahun rumah baca, ada 1.300 buku yang dibaca oleh anak-anak. Alhamdulillah sudah terpenuhi," katanya.

Kehadiran perpustakaan keliling dan Rumah Baca Bhabinkamtibmas, menurut Mudiyanto tak hanya mendekatkan masyarakat dengan polisi tetapi juga memperbaiki literasi. Banyak anak di daerah itu yang semakin gemar membaca.

"Anak-anak jadi sangat dekat sama Polri. Mereka bisa tau kalau polisi tidak hanya menangkap orang atau mengatur lalulintas, tapi ada Bhabinkamtibmas. Anak-anak juga senang baca dan kita ajarkan mereka membaca bagi yang belum bisa," paparnya.

Selain itu, anak-anak bisa membawa pulang buku bacaan Perpustakaan Keliling atau Rumah Baca Bhabinkamtibmas. Nantinya, mereka diminta untuk menceritakan ulang isi dan maksud dari buku bacaan tersebut.

Salah satu pelajar SDN 004 Ranai, Arlan mengatakan, polisi sangat menyenangkan dan baik. Pasalnya, para pelajar di wilayah perbatasan Indonesia itu bisa membaca buku secara gratis serta mendapat hadiah dari Brigadir Polisi Mudiyanto.

"Kami senang dengan Pak Polisi, karena selalu membawa buku buat kami. Kami juga dapat hadiah dari pak polisi," ucap Arlan.

Relawan Bencana

Setelah selesai berbagi buku di sekolah, tugas Mudiyanto tak berhenti sampai di situ. Dia langsung melanjutkan perjalanan ke perkampungan dan bersiap-siap untuk melayani kegiatan yang ada di Natuna.

Salah satunya saat membantu vaksinasi bagi lansia. Ia rela membopong para lansia agar bisa ikut vaksinasi ketika Covid-19 melanda dalam menjalankan tugas.

"Waktu ada kegiatan vaksinasi keliling di Ranai ini, ada lansia yang tidak bisa ke lokasi vaksinasi. Kita bopong juga biar bisa disuntik vaksin," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)