Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Semarang, Pelabuhan yang Pernah Diserahkan kepada VOC

Senin, 22 Mei 2023 - 19:09 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Semarang, Pelabuhan yang Pernah Diserahkan kepada VOC
Kota Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah punya sejarah panjang. Dimulai dari masa Kerajaan Mataram Kuno, dan sempat menjadi wilayah yang diserahkan pada VOC. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
KOTA SEMARANG adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang punya sejarah panjang. Dimulai dari masa Kerajaan Mataram Kuno, dan sempat menjadi wilayah yang diserahkan pada VOC.

Sebelum menjadi Kota besar seperti sekarang ini, dulu Kota Semarang merupakan kota pelabuhan yang punya wilayah pertanian subur.

Asal Usul Nama Semarang

Dilansir dari laman Kota Semarang, asal usul kota ini bermula ketika Raden Mas Pandan mengajak anaknya dan para pengiringnya untuk menjalankan tugas dari kesultanan Demak. Mereka pergi ke arah barat untuk mencari daerah baru yang akan ditempati.



Setelah berhari-hari menempuh perjalanan, akhirnya pangeran ini menemukan sebuah hutan yang kemudian dibabat habis untuk didirikan pondok pesantren dan lahan pertanian.

Sebelum meninggal, Raden Pandan berpesan pada putranya Raden Pandanarang agar menyebarkan agama Islam di tempat itu serta mengelola tanah pertanian di sekitar daerah itu.

Suatu hari Raden Pandan Arang menggarap lahan pertanian bersama para pengikutnya, namun sesuatu yang aneh terjadi. Karena di antara pohon yang hijau subur itu terdapat beberapa pohon asam yang tumbuh saling berjauhan.



Orang-orang yang melihat hal itu juga heran, mengapa di tanah yang subur itu tumbuh pohon asam yang saling berjauhan?. Karena hal tersebut Raden Pandan Arang mengatakan bahwa daerah ini saya beri nama Semarang, yang berasal dari kata Asem yang jarang-jarang.

Sejarah Kota Semarang

Sejarah Kota Semarang berawal dari daerah pesisir yang bernama Pragota yang merupakan bagian dari kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-8. Daerah tersebut pada masa itu merupakan pelabuhan dan di depannya terdapat gugusan pulau-pulau kecil.

Pelabuhan tersebut diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu sekarang dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada tahun 1405 M.

Kemudian pada akhir abad ke-15, seorang pangeran dari Kerajaan Demak yang dikenal sebagai Pangeran Raden Pandan diutus untuk menyebarkan agama Islam dari perbukitan Pragota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)