Asal Usul Nama dan Sejarah Gresik: Berawal dari Kabupaten Surabaya

Rabu, 18 Januari 2023 - 16:38 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Gresik: Berawal dari Kabupaten Surabaya
Gresik merupakan salah satu kabupaten yang berada di Wilayah Jawa Timur. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Gresik merupakan salah satu kabupaten yang berada di Wilayah Jawa Timur. Lokasinya terletak di pesisir timur pulau Jawa atau berada di utara perbatasan dengan laut Jawa.

Saat ini luas wilayah dari kabupaten Gresik mencapai 1.191,25 Km persegi yang terbagi menjadi 18 Kecamatan dan terdiri dari 356 Desa atau kelurahan.

Seperti kota-kota lain pada umumnya, Kabupaten Gresik juga memiliki asal usul nama dan sejarah yang unik. Bahkan nama dari Kabupaten di Jawa Timur ini dulunya bernama Kabupaten Surabaya.

Baca juga : Mengenal Asal Usul Nganjuk dan Sejarahnya

Melansir dari laman resmi Gresik, Kabupaten yang satu ini berkembang sejak abad ke-11 dengan menjadi pusat perdagangan dan kota bandar yang dikunjungi oleh banyak bangsa seperti, Cina, Arab, Champa, dan Gujarat.

Pesatnya perkembangan Gresik, bebarengan dengan masuknya agama Islam di pulau Jawa. Hal ini ditandai dengan adanya makam-makam Islam kuno seperti Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Fatimah binti Maimun.

Munculnya agama Islam melalui Gresik berdampak besar, salah satunya menjadikan wilayahnya sebagai pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14 termasuk menjadi kapal persinggahan para penjajah.

Namun setelah adanya penjajah datang seperti VOC, memaksa Kabupaten Gresik untuk dihapus dan bergabung dengan Kabupaten Surabaya yang terkenal lebih maju pada tahun 1934.

Penggabungan Wilayah tersebut menjadikan nama dari Gresik diganti menjadi Surabaya. Sejak saat itulah wilayah pesisir timur pulau berada di bawah kawedanan Kabupaten Surabaya.

Baca juga : Asal Usul Penyematan Nama Babelan di Bekasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)