Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Semarang, Pelabuhan yang Pernah Diserahkan kepada VOC

Senin, 22 Mei 2023 - 19:09 WIB
loading...
A A A
Dari waktu ke waktu daerah yang ditempati Raden Pandan semakin subur, dan dari sela sela kesuburan tersebut muncullah pohon asam yang saling berjauhan.

Setelah anak dari Raden Pandan memberi nama wilayah tersebut sebagai Semarang, dirinya lalu diangkat sebagai Kepala Desa dengan gelar Kyai Ageng Pandan Arang I.

Sepeninggal Ageng Pandan Arang I, pimpinan daerah lalu diserahkan pada putranya yang bergelar Pandan Arang II. Pada masa kepemimpinannya ini, daerah Semarang semakin menunjukkan pertumbuhannya yang meningkat.

Hal tersebut menarik perhatian Sultan Hadiwijaya dari Pajang. Karena persyaratan peningkatan daerah dapat dipenuhi, maka diputuskan untuk menjadikan Semarang setingkat dengan Kabupaten.
Pada tanggal 2 Mei 1547 bertepatan dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, tanggal 12 rabiul awal tahun 954 H disahkan oleh Sultan Hadiwijaya setelah berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga. Tanggal 2 Mei kemudian ditetapkan sebagai hari jadi kota Semarang.

Semarang Pada Masa Penjajahan

Pada tahun 1705 Susuhunan Pakubuwono I menyerahkan Semarang kepada VOC sebagai bagian dari perjanjiannya karena telah dibantu untuk merebut Kartasura. Sejak saat itu Semarang resmi menjadi kota milik VOC dan kemudian Pemerintah Hindia Belanda.

Hingga pada tahun 1906 dengan Stanblat Nomor 120 tahun 1906 dibentuklah Pemerintah Gemeente. Pemerintah kota besar ini dikepalai oleh seorang Burgemeester atau Walikota. Kota ini terus dipegang oleh Belanda sampai datang-nya pemerintahan pendudukan Jepang di tahun 1942.

Pada masa Jepang terbentuklah pemerintah daerah Semarang yang dikepalai Militer (Shico) dari Jepang. Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya tepatnya pada 20 Oktober 1945 terjadilah peristiwa kepahlawanan yang melibatkan masyarakat melawan bala tentara Jepang. Peristiwa tersebut dijuluki sebagai lima hari di Semarang.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)