Karomah Sunan Gunung Jati, Hidupkan Pohon Cempaka Putih hingga Dapatkan Istri

Rabu, 10 Mei 2023 - 06:06 WIB
loading...
Karomah Sunan Gunung Jati, Hidupkan Pohon Cempaka Putih hingga Dapatkan Istri
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah satu-satunya wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa barat. (Ist)
A A A
Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah adalah satu-satunya wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa barat. Sunan Gunung Jati dilahirkan Tahun 1448 Masehi.

Ayahnya adalah Syarif Abdullah bin Nur Alam bin Jamaluddin Akbar, seorang Mubaligh dan Musafir besar dari Gujarat, India yang sangat dikenal sebagai Syekh Maulana Akbar bagi kaum Sufi di Tanah Air.

Salah satu karomah Sunan Gunung Jati adalah bisa membuat pohon cempaka putih yang awalnya layu menjadi kembali subur. Pohon cempaka putih itu merupakan milik Kyai Gedeng Babadan.

Konon pohon itu layu karena terkena penyakit hingga akhirnya mati. Kyai Gedeng sangat kesal hatinya melihat tanamannya yang akan mati itu.

Maka keluarlah ucapan bila ada yang menolong tanamannya yang kering kemudian menjadikan sehat kembali, seperti semula maka anaknya yang cantik akan diberikan kepadanya untuk dinikahi.

Dia pun bersedia untuk menjungjung seseorang itu yang berhasil mengobati tanamannya. Beberapa waktu kemudian, Ki Gedeng melihat anaknya datang membawa sebuah baju jubah berwarna kuning. Sang anaknya sebagaimana dikutip dari "Sajarah Wali Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati: Naskah Mertasinga", terjemahan Amman N. Wahju. Lalu sang anak itu memberitahukan kepada ayahnya bahwa telah menemukan pakaian berwarna kuning dengan bau yang harum.

Kyai Gedeng pun terkejut dan menuduh sang anak perempuannya itu mencuri. Ia pun mengatakan "Aduh anakku, mengapa baju itu kau ambil. Kubayangkan pemiliknya tentu akan kehilangan, nanti kamu akan dituduh mencuri baju itu.

Ini kan taruhannya harga dirimu nak. Pemiliknya tentu akan segera datang menyusul, karena di sini tak ada orang yang mempunyai baju seperti itu. Dari mana kamu peroleh baju itu anakku".

Sang anak lantas menjawab bahwa pakaian berwarna kuning diambilnya dari pohon cempaka putih milik ayahnya. Pakaian ini tergantung pada salah satu pohon itu, tetapi ia tak tahu siapa pemilik pakaian itu.

Dia pun memberitahu ke ayahnya bahwa tanaman itu keadaannya sekarang telah pulih. Bahkan kondisinya bertambah subur dan sehat. Mendengar itu kemudian Kyai Gedeng Babadan lalu cepat keluar dan memeriksa tanamannya yang telah pulih seperti sediakala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)