Asal Usul Nama dan Sejarah Tuban, Pernah Dipimpin Ronggolawe dan Jadi Pusat Perdagangan Majapahit

Rabu, 01 Maret 2023 - 23:32 WIB
loading...
Asal Usul Nama dan Sejarah Tuban, Pernah Dipimpin Ronggolawe dan Jadi Pusat Perdagangan Majapahit
Lambang Kabupaten Tuban. Foto/Dok. tubankab.go.id
A A A
Tuban, merupakan kabupaten yang terletak di wilayah pesisir utara Jawa Timur (Jatim). Tuban, menjadi salah satu kabupaten di Jatim, yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah (Jateng).



Dalam sejarahnya, wilayah Tuban, merupakan lokasi perdagangan dan pusat penyebaran agama. Dilansir dari laman resmi DPRD Kabupaten Tuban, Tuban memiliki asal usul dalam beberapa versi.



Pertama disebut sebagai Tuban, dari lakuran watu tiban (batu yang jatuh dari langit). Yaitu batu pusaka yang dibawa oleh sepasang burung dari Majapahit, menuju Demak, dan ketika batu tersebut sampai di atas Tuban, batu tersebut jatuh sehingga dinamakan Tuban.



Adapun versi yang kedua berupa lakuran dari metu banyu berarti keluar air, yaitu peristiwa ketika Raden Dandang Wacana (Kyai Gede Papringan) atau Bupati Tuban yang pertama membuka hutan Papringan.

Anehnya, ketika pembukaan hutan tersebut keluar air yang sangat deras. Peristiwa itu berkaitan dengan adanya sumur tua yang dangkal tetapi airnya melimpah. Istimewanya sumur tersebut adalah memiliki air tawar padahal dekat dengan laut.

Ada pula versi ketiga, Tuban berasal dari kata "tuba" atau racun yang artinya sama dengan nama kecamatan di Tuban yaitu Kecamatan Jenu. Dalam sejarahnya, wilayah Tuban memiliki peran penting di masa Majapahit, karena merupakan pusat perdagangan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3590 seconds (0.1#10.140)