Berada di Wilayah Terluar Indonesia, Ini Potensi Kekayaan Natuna yang Berlimpah

Rabu, 01 Maret 2023 - 16:09 WIB
loading...
Berada di Wilayah Terluar Indonesia, Ini Potensi Kekayaan Natuna yang Berlimpah
Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda. Foto/iNews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Kabupaten Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menjadi salah satu wilayah terluar Indonesia. Wilayahnya, berbatasan langsung dengan banyak negara di Asia, dan memiliki potensi kekayaan alamnya sangat berlimpah.



Wakil Bupati Kepulauan Natuna, Rodhial Huda mengatakan, potensi kekayaan alam di wilayah Kepulauan Natuna yang paling besar berada di lautan. Tapi, seorang bupati tidak memiliki kewenangan apapun untuk memanfaatkan potensi tersebut.



"Banyak potensi di Kabupaten Kepulauan Natuna, dan lebih cocok dipimpin oleh gubernur. Karena semua potensi alam di Kepulauan Natuna, berada di laut. Sementara Bupati tidak memiliki kewenangan," ujar Rodhial Huda, Rabu (1/3/2023).



Rodhial memaparkan, produksi gas bumi di Kepulauan Natuna, jika dilihat dari Natuna Dalam Angka Tahun 2022 ada 3.226.284 MMBTU. Jumlah tersebut hanya berasal dari perusahaan Star Energy.

Sementara produksi minyak mentah di Natuna ada 304 ribu barel. "Pemerintah pusat sebaiknya mendorong nilai tambah daerah, karena sebagai daerah penghasil, Kepulauan Natuna, seharunya tidak hanya dapat dana bagi hasil," katanya.

Natuna juga memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Daerah penangkapan ikan tersebut berada di sekitar Pulau Bunguran, Natuna Besar, Pesisir Pulau Natuna, Midai, Pulau Serasan, dan Laut Natuna Utara.

Berada di Wilayah Terluar Indonesia, Ini Potensi Kekayaan Natuna yang Berlimpah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2541 seconds (0.1#10.140)