Misteri Kolam Segaran, Kolam Kuno Peninggalan Majapahit yang Menyimpan Harta Karun

Senin, 27 Februari 2023 - 05:37 WIB
loading...
Misteri Kolam Segaran, Kolam Kuno Peninggalan Majapahit yang Menyimpan Harta Karun
Kolam Segaran, peninggalan Kerajaan Majapahit, dimasa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Foto/Dok.SINDOnews/Tritus Julan
A A A
Air jernih membentang seluas 6,5 hektare, dikelilingi tembok kolam berbahan batu bata dengan panjang mencapai 375 meter, dan lebar 175 meter. Dinding batu bata tersebut, memiliki tebal 1,6 meter, dengan kedalaman mencapai 2,88 meter.



Warga setempat menyebutnya dengan nama Kolam Segaran. Dilansir dari laman candi.perpusnas.go.id, Kolam Segaran merupakan satu-satunya bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia.



Kolam Segaran, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang berpusat di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kerajaan yang berdiri pada 1293 dengan raja pertamanya Raden Wijaya ini, sempat berjaya hingga menguasai Nusantara.



Cerita rakyat yang hingga kini masih melekat, menyebut Kolam Segaran menjadi tempat berwisata bagi petinggi Kerajaan Majapahit. Kolam ini juga menjadi tempat perjamuan tamu-tamu penting kerajaan.

Bahkan, menurut pemerhati Majapahit, dari Gotrah Wilwatikta, Anam Anis, Kolam Segaran disebut pernah menjadi tempat perjamuan tamu Kerajaan Majapahit dari China. Kisah inilah yang kemudian menyebutkan bahwa Kolam Segaran menjadi tempat pamer kekayaan.

Dikisahkan pula, pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, digelar pesta penyambutan duta dari China yang merupakan angkatan perang Tar Tar. Saat itu, raja menyambut tamu dengan hidangan mewah. Tak hanya itu, peralatan makan dalam pesta ini juga terbuat dari emas.

"Untuk menunjukkan bahwa Majapahit adalah kerajaan yang kaya raya. Usai perjamuan, piring, gelas dan perkakas lainnya yang terbuat dari emas itu, langsung dibuang ke kolam," ujar Anam Anis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)