Realisasi Investasi Kota Makassar Capai Rp2 Triliun

Minggu, 07 Agustus 2022 - 23:09 WIB
Adapun negara asal investor yang paling banyak menanamkan modalnya di Kota Makassar adalah Malaysia Rp170 miliar, Singapura Rp23 miliar, Jepang Rp18 miliar, dan Republik Rakyat Tiongkok Rp9,8 miliar.

Kendati demikian, rupanya capaian investasi Kota Makassar masih cukup jauh dari target yang ditetapkan di angka Rp8 triliun. Seyogyanya, pada semester satu, setengah dari target seharusnya sudah bisa dipenuhi.

Zulkifli menjelaskan, hal itu disebabkan masih banyaknya pelaku usaha yang tidak melaporkan kegiatan penanaman modalnya di laman OSS.go.id. Padahal seharusnya, pelaporan itu dilakukan setiap tiga bukan sekali.

"Harusnya semester satu, sudah bisa sampai Rp4 triliun. Kalau kami lihat histori kemarin, biasanya memang akhir tahun itu data baru naik signifikan grafiknya. Ini karena belum optimalnya laporan investasi yang dilaporkan pelaku usaha," jelas dia.



Oleh karena itu, pihaknya akan menurunkan tim untuk memantau dan mengedukasi pelaku usaha usaha agar rutin dan tertib membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal. Bahkan pihaknya juga sudah menyiapkan sanksi berupa pencabutan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Kami akan turunkan petugas melakukan pemantauan dan bimbingan konsultasi kepada para pelaku usaha, khususnya yang punya modal besar di atas Rp500 juta atau Rp1 miliar. Kami genjot untuk segera lapor LKPM. Kalau ini optimal, realisasi investasi bisa lebih dari target," pungkasnya.
(agn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More