Misteri Pohon Setia Raja di Danau Melintang, Ada Kehidupan Kota Tak Terlihat

Minggu, 17 Januari 2021 - 05:00 WIB
Hery Cahyadi, salah satu tokoh masyarakat Desa Muara Enggelam, menyebut ada kisah misteri dan mistis di balik keberadaan pohon setia raja. Kisah ini masih menjadi bagian hikayat Kerajaan Kutai terdahulu.

Baca Juga: Misteri Kampung Kolam dan Mandor Sukmo Ilang Lenyap di Perkebunan Tebu Tanah Deli





Kisah tersebut, katanya, beredar luas di tengah masyarakat, diceritakan secara turun temurun hingga menjadi hikayat desa.

“Kenapa dinamakan pohon setia raja? Dahulu kala Sultan Kutai ingin mendirikan Masjid Agung dan membutuhkan tiang utama yang kokoh dan kuat. Kami menamakannya tiang guru,” ujar Hery saat memulai ceritanya. Maka disebarlah empat orang ke segala penjuru Kutai. Utusan ini terdiri dari pangeran dan putra mahkota.



“Ada yang ke sungai, ada yang ke pesisir, ada yang ke kawasan pegunungan, dan ada pula yang ke danau yakni Danau Melintang ini. Utusan yang ke Danau Melintang adalah putra mahkota,” sebutnya.

Saat putra mahkota Bersama hulu balang dan rombongan tiba di Danau Melintang, mereka dicegat oleh sekelompok makhluk gaib. “Penghuni” Danau Melintang itu bertanya tujuan rombongan ke Danau Melintang.

“Sang putra mahkota menjelaskan kalau mereka ingin mencari kayu paling kuat di daerah tersebut dan dijawab oleh makhluk gaib tadi yakni kayu bangkirai. Putra mahkota meminta diantarkan ke lokasi dan diizinkan untuk mengambil kayu,” sambungnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More