Ratu Shima Penguasa Kerajaan Kalingga, Tegas Tegakkan Hukum dan Suka Beri Hadiah ke Rakyatnya

Kamis, 25 Juli 2024 - 05:49 WIB
Candi Angin ditemukan di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah. Dinamakan Candi Angin dikarenakan candi tersebut berdiri di atas daerah yang cukup tinggi.

Sekalipun terpaan angin sangat kencang, namun candi tersebut tetap kokoh dan tidak roboh. Berdasarkan analisa karbon yang dilakukan para ahli, diperkirakan bahwa Candi Angin dibangun sebelum pembangunan Candi Borobudur.

Ciri-ciri Candi Angin tidak adanya ornamen-ornamen Hindu dan Budha. Disimpulkan bahwa Candi Angin diperkirakan dibangun sebelum kebudayaan Hindu dan Budha, berbaur dengan kebudayaan asli Jawa.

Sedangkan Candi Bubrah menjadi peninggalan Ratu Jay Shima yang terakhir. Dinamakan Candi Bubrah, karena saat ditemukan, kondisi candi tersebut sudah luluh lantak.

Dari segi arsitektur dan gaya bangunannya, candi tersebut dibangun pada sekitar abad ke-9 Masehi dengan bercorak kebudayaan Budha.

Candi yang dibuat dari bahan batu andesit tersebut berukuran 12 x 12 meter. Ketika ditemukan reruntuhan candi tersebut, ukuran ketinggiannya tersisa kira-kira hanya dua meter saja.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content