Rahasia Minyak Klentik Kelapa Ala Kitab Mustika Rasa Bung Karno

Kamis, 30 Mei 2024 - 09:04 WIB
Sesuai namanya, klentik. Proses pembuatan minyak kelapa klentik melalui cara diklentik, yakni buah kelapa diparut, diambil santannya, lalu santan direbus hingga minyak mengambang di atas santan.

Minyak diambil dengan cara disendoki, dan endapan yang ada di bawah diberi nama belondo, rasanya manis dan gurih.

Minyak Bledigan

Minyak berasal dari ampas kelapa yang sudah diambil santannya. Proses pembuatan dimulai dengan menyimpan ampas dalam keranjang dengan durasi waktu simpan 4-5 bulan.

Pada saat penyimpanan, ampas dipadatkan dengan cara diinjak-injak dengan kaki. Orang-orang memberi nama bahan ampas itu gabar dengan kandungan minyak sekitar 5%.

Setelah melalui proses pemeraman, gabar diperas dengan perkakas pemeras terbuat dari kayu. Minyak yang dihasilkan mendapat sebutan minyak bledigan.

Minyak Botokan



Berasal dari buah kelapa yang belum tua yang sebelumnya direndam air selama 2 hari 2 malam. Setelah dientas, buah kelapa ditutup dengan daun pisang selama 1 malam.

Setelah itu buah diparut dan disimpan dalam panci selama 1 malam. Parutan buah kelapa itu kemudian dijemur selama 2 hari dan diperas dengan perkakas pemeras terbuat dari kayu.

Minyak yang dihasilkan dari pemerasan itu dinamai minyak botokan.

Minyak Bacin

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content