Sejarah Panjang Kota Manado yang Hari Ini Berusia 400 Tahun

Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:08 WIB
Dari tangan orang-orang Eropa ini juga, catatan sejarah tentang munculnya nama Manado dapat terungkap, meskipun hingga kini bukti fisik asal usul penamaan Manado masih banyak menjadi perdebatan. Banyak versi dari para akademisi dan tokoh masyarakat adat, tentang interpertasi asal nama Manado.

Dilansir dari laman resmi Pemkot Manado, manadokota.go.id, hingga tahun 1947 Manado masih menjadi bagian dari wilayah Minahasa. Kemudian berganti nama menjadi Wenang, sebelum akhirnya lahir nama Manado.



"Menurut Profesor Geraldine Manoppo-Watupongoh, pergantian nama Wenang menjadi Manado, dilakukan oleh Spanyol pada tahun 1682. Manado diambil dari nama pulau di sebelah Bunaken, yaitu pulau Manado (kini Manado Tua)," tulis laman manadokota.go.id.

Namun, ada sumber lain yang mengungkap bahwa penamaan Manado sebagai pengganti Wenang, justru dilakukan oleh Belanda. Hal ini didasarkan pada catatan sejarah, bahwa pada tahun 1682 wilayah Sulawesi Utara, sudah dikuasai oleh VOC Belanda, bukan lagi oleh bangsa Spanyol.

Keberadaan Belanda di tanah Manado tersebut, juga termuat dalam catatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Ternate, Dr. Ribertus Padtbrugge yang datang ke wilayah tersebut pada tahun 1677 hingga 31 Agustus 1682.

Dalam manadokota.go.id disebutkan, saat berada di wilayah Manado, Robertus Padtbrugge mencatat sisa-sisa penduduk Kerajaan Bowontehu yang kini lebih dikenal dengan sebutan Manado Tua, hingga di wilayah Sindulang.

Catatan bangsa-bangasa Eropa, banyak mengungkap penamaan Manado. Bahkan, nama Manado selalu digunakan dalam catatan dokumen dan surat-surat penting bangsa Portugis, Spanyol dan Belanda, ketimbang nama Wenang. "Tahun 1623, nama Manado mulai dikenal dan digunakan di dalam surat-surat resmi," tulis manadokota.go.id.



Diduga, lebih banyaknya penggunaan nama Manado dalam surat-surat resmi bangsa-bangsa Eropa yang pernah menjajah wilayah tersebut, menjadi alasan kuat adanya pergantian naman dari Wenang menjadi Manado.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More