Bus Listrik di Belantara Kota, Jalan Panjang PLN Dorong Transisi Energi Nusantara

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:20 WIB
loading...
A A A
"Pada event KTT G20 di Bali, PLN menyiapkannya dengan sangat matang dan mengerahkan seluruh daya upaya demi menyukseskan perhelatan bertaraf internasional tersebut," ucapnya.

General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, memaparkan, di Jabar telah berdiri 109 SPKLU yang tersebar di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), rest area, Istana Bogor, Gedung Sate Bandung dan jalur lalu lintas di Ciamis.

"2023 kami akan menambah SPKLU menjadi 208 titik. PLN terus mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Jawa Barat. Dengan semakin mudahnya akses SPKLU, diharapkan penggunaan kendaraan listrik akan semakin meluas," ujar Susi.

Transisi Energi
Hadirnya angkutan umum berbasis kendaraan listrik adalah komitmen PLN mendukung penurunan emisi karbon di Indonesia. Di mana, Indonesia telah menetapkan net zero emission (NZE) pada 2060. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pengurangan emisi karbon hingga 27 persen hingga 2030.

Salah satu upaya PLN mendukung penurunan emisi karbon adalah dengan menggalakkan program electrifying lifestyle. Program ini mengajak masyarakat beralih ke peralatan berbasis listrik seperti kompor induksi hingga kendaraan listrik. Hal ini penting mengingat kendaraan merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat.

"Beralihnya transportasi ke kendaraan listrik dapat mendukung terciptanya lingkungan yang lebih hijau," tambah Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Jabar Dindin Mulyadin.

Untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik, PLN terus membangun infrastruktur SPKLU. PLN juga akan menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Stasiun ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik seperti sepeda motor mendapatkan baterai secara cepat.

PLN juga memberikan kemudahan bagi konsumen yang menggunakan kendaraan listrik, antara lain melalui promo Super Everyday. Di mana konsumen yang melakukan pasang baru listrik dengan harga spesial untuk pemilik mobil listrik, diskon tarif listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 hingga 05.00 pagi. Juga terdapat fitur pendukung ekosistem EV dengan teknologi Electric Vehicle Digital Services yang terintegrasi di aplikasi PLN Mobile.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menambahkan, PLN mendukung penuh penggunaan kendaraan energi ramah lingkungan. Inisiatif ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keberlanjutan generasi yang akan datang.

"Bagaimana agar lingkungan kita tetap hijau? Salah satunya adalah melalui penggunaan kendaraan listrik. PLN akan terus mendorong kemajuan ekosistem kendaran listrik ini," katanya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0771 seconds (0.1#10.140)