Bus Listrik di Belantara Kota, Jalan Panjang PLN Dorong Transisi Energi Nusantara

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:20 WIB
loading...
A A A
Bus Listrik di Belantara Kota, Jalan Panjang PLN Dorong Transisi Energi Nusantara


PLN Suplai Kebutuhan Energi

Hadirnya mobil listrik di Kota Bandung tak lepas dari peran PLN yang menyuplai energi listrik. Mereka hadir secara cepat melayani kebutuhan masyarakat melalui fasilitas SPKLU.

"PLN mendukung sepenuhnya pengoperasian delapan bus listrik di Bandung raya dengan menyediakan suplai listrik yang handal di SPKLU Terminal Leuwipanjang dan titik lainnya," jelas Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Jabar Dindin Mulyadin, Selasa (27/12/2022).

Ke depan, PLN juga siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam membangun stasiun pengisian baterai lainnya. Termasuk, apabila terdapat rute baru bus listrik, PLN akan hadir memberikan suplai listrik sesuai kebutuhan.

Sampai dengan Desember 2022, di kota Bandung tercatat telah tersedia 10 SPKLU. Sedangkan di Jawa Barat, lebih dari 109 SPKLU. Pada 2023, PLN UID Jabar akan menambah kembali jumlah lokasi SPKLU menjadi 208 titik.

Memenuhi kebutuhan stasiun charger bagi masyarakat, PLN memiliki kapasitas listrik yang mencukupi. Saat ini, PLN menyediakan listrik yang handal dengan dukungan 13 sub sistem kelistrikan yang siap memberikan pasokan listrik di Jawa Barat.

Dukung Ekosistem Mobil Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung terbentuknya ekosistem kendaraan listrik, sebagai langkah transisi energi Indonesia. Dukungan tersebut dibuktikan dengan gencarnya pembangunan SPKLU di seluruh kota besar di Indonesia.

Dalam mendukung perhelatan G20 di Bali, PLN telah membangun 70 SPKLU. Stasiun tersebut untuk mendukung operasional 636 unit mobil listrik dan 30 unit bus listrik yang digunakan oleh delegasi KTT G20. SPKLU tersebut juga dipakai untuk menunjang 290 unit motor listrik untuk keperluan pengamanan dan 300 unit mobil listrik untuk operasional selama kegiatan KTT G20.

70 unit SPKLU yang disediakan PLN, terdiri atas ultra fast charging dengan rincian 64 unit sudah terpasang, 4 unit cadangan, dan 2 unit mobile. Kemudian juga ada 200 unit home charging dan 21 unit SPKLU fast charging yang tersebar di seluruh Provinsi Bali.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)