Lacak COVID-19, Gugus Tugas Tes Peserta UTBK di 7 Perguruan Tinggi Negeri di Jabar

Selasa, 07 Juli 2020 - 14:32 WIB
loading...
Lacak COVID-19, Gugus Tugas Tes Peserta UTBK di 7 Perguruan Tinggi Negeri di Jabar
Satgas COVID-19 Jabar bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan rapid tes kepada 164 orang peserta dan panitia UTBK di kampus UPI, Jalan Setiabudi, Bandung, Selasa (7/7/2020). (Foto/SINDOnews/Arif Budianto)
A A A
BANDUNG - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat mengawal jalannya proses ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di tujuh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jabar untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Pengawalan dilakukan dengan melakukan tes COVID-19 terhadap peserta UTBK secara random di Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), dan Universitas Siliwangi (Unsil).

"Kami mengawal jalannya proses UTBK dengan melakukan pelacakan (COVID-19) di tujuh perguruan tinggi di Jabar," ujar Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Siska Gerfianti di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (7/6/2020). (BACA JUGA: Hari Ini, Ratusan Peserta UTBK UPI Jalani Rapid Tes)

Menurut Siska, dari total 88.000 peserta UTBK di Provinsi Jabar, pihaknya akan mengambil sampel sebanyak 1 persen atau sekitar 900 orang di ke tujuh PTN yang menjadi sasaran pelacakan COVID-19 tersebut.

"Hari ini, empat tim sudah berangkat untuk melakukan pengetesan di UPI, ISBI, Unsika, dan IPB," sebutnya.

Tes COVID-19 yang dilakukan secara random ini bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran COVID-19, khususnya di lingkungan kampus.

"Tes akan dilakukan kepada (calon) mahasiswa, termasuk panitia UTBK yang dijadwalkan selesai 21 Juli 2020 mendatang," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Ridwan Kamil mewajibkan seluruh perguruan tinggi di Jabar untuk melaksanakan tes penerimaan mahasiswa baru secara online guna menekan potensi penyebaran COVID-19.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, tes penerimaan mahasiswa baru secara fisik hanya diperbolehkan untuk mahasiswa yang berdomisili di Provinsi Jabar. (BACA JUGA: Sopir Hilang Kendali, Truk Seruduk Ruko dan Rumah di Purwakarta)

"Kami sudah putuskan, yang boleh testing secara fisik adalah calon mahasiswa yang berdomisili di Jabar Kepada yang di luar Jabar kami sudah arahkan kota dan kabupaten yang ada universitasnya untuk melakukan testing secara online dari luar Jabar," tegas Kang Emil di Bandung, Jumat (3/7/2020).

Untuk diketahui, tujuh PTN di Jabar menggelar UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yakni Unpad, ITB, UPI, IPB, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Siliwangi, dan ISBI Bandung.

Adapun, peserta UTBK-SBMPTN di Jabar yakni 80.792. Rinciannya, ITB 16.648 peserta, Unpad 11.032 peserta, IPB 14.887 peserta, UPI 15.234 peserta, ISBI 7.206 peserta, Unsika 7.296 peserta, dan Unsil 8.489 peserta.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)