6 Kerajaan Hindu yang Pernah Ada di Indonesia, Nomor 5 Paling Terkenal

Rabu, 26 Oktober 2022 - 15:28 WIB
loading...
A A A
Dikutip dari pintar.jatengprov.go.id, Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri pada tahun 400 Masehi dan terletak di daerah Muarakaman tepi Sungai Mahakam Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dikatakan bahwa kerajaan Hindu inilah yang tertua di Indonesia. Raja pertamanya ialah Kudunggga yang kemudian digantikan Aswawarman.

Salah satu peninggalan Kerajaan Kutai adalah Prasasti Kutai yang terpahat pada tiang batu yang disebut yupa yang ditemukan di aliran Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

3. Kediri

Kerajaan bercorak Hindu ini berdiri sekitar tahun 1042 hingga 1222. Keberadaannya sendiri terletak di Kediri, Jawa Timur. Sedangkan untuk raja, Raja Jayabaya menjadi raja yang paling populer dari kerajaan Kediri.

Peninggalan dari kerajaan ini berupa Prasasti Pandeglang, Prasasti Penumbangan, Prasasti Hantang, Prasasti Talan, Prasasti Jepun, Prasasti Kahyunan,
Prasasti Weleri, Prasasti Angin, dan Prasasti Semanding.

Baca juga : Purnawarman, Raja Tarumanegara Penakluk Kerajaan-kerajaan di Jawa Barat

4. Singasari

Kerajaan Hindu berikutnya adalah Singasari yang berdiri pada tahun 1222, letaknya sendiri berada di Singasari, Malang, Jawa Timur. Raja yang pernah berkuasa di kerajaan ini salah satunya adalah Sri Rajasa Sang Amurwabhumi atau Ken Arok.

Beberapa peninggalan dari kerajaan ini di antaranya, Candi Singosari (makam Kertanegara), Candi Kidal (makam Anusapati), Candi Jago, Candi Kangenan (makam Ken Arok), dan Candi Katang Lumbang (makam Tohjaya).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)