6 Kerajaan Hindu yang Pernah Ada di Indonesia, Nomor 5 Paling Terkenal

Rabu, 26 Oktober 2022 - 15:28 WIB
loading...
6 Kerajaan Hindu yang Pernah Ada di Indonesia, Nomor 5 Paling Terkenal
Setidaknya ada enam Kerajaan Hindu di Indonesia yang bisa diketahui. Salah satunya Majapahit. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada enam Kerajaan Hindu di Indonesia yang bisa diketahui. Keberadaannya terbukti dengan adanya sejumlah peninggalan berupa bangunan atau prasasti .

Melansir dari staffnew.uny.ac.id, terdapat beberapa teori tentang siapa yang membawa ajaran tersebut, mulai dari teori brahmana hingga teori arus balik.

Baca juga : Arya Damar, Ahli Mesiu Kerajaan Majapahit Sang Penakluk Kerajaan Bali

Kemunculan kerajaan hindu ke Indonesia belum diketahui pasti kapan tepatnya. Namun berdasar dari penemuan prasasti kuno dipastikan bahwa kerajaan ini mulai berkembang sekitar tahun 400 M.

Berikut enam kerajaan hindu yang pernah ada di Indonesia:

1. Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara diperkirakan berdiri pada tahun 450 M. Berdasarkan prasasti-prasasti yang ditemukan, para ahli meyakini letak pusat Kerajaan Tarumanegara kira-kira di antara Sungai Citarum dan Cisadane yang berada di dekat Kota Bogor, Jawa Barat.

Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Purnawarman. Beberapa prasasti yang ditemukan sebagai bukti peninggalan Tarumanegara di antaranya Prasasti Ciaruteun , Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi, dan Prasasti Lebak yang ditulis menggunakan Bahasa Sanskerta.

Peninggalan sejarah yang lain adalah irigasi dari Sungai Gomati, arca Wisnu Cibuaya I dan II, dan arca Rajarsi.

2. Kutai
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3677 seconds (11.210#12.26)