Asal-usul Berdirinya Kerajaan Tarumanegara pada Abad 4 Masehi

Senin, 15 Juli 2024 - 16:09 WIB
loading...
Asal-usul Berdirinya...
Prasasti Ciaruteun di tepi aliran Sungai Ciaruteun, Ciampea, Bogor, Jawa Barat merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Foto/BPNB Jabar
A A A
ASAL-usul berdirinya Kerajaan Tarumanegara menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Kerajaan bercorak Hindu ini pernah eksis di Jawa Barat pada abad ke-4 hingga abad ke-7 masehi.

Berdasarkan perkiraan kemunculannya, Tarumanegara menjadi salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Tanah Air.



Sejarah keberadaannya pun cukup menarik karena pendirinya disebutkan bukan berasal dari Nusantara, melainkan seorang Maharesi asal India.

Lantas, seperti apa sebenarnya asal-usul berdirinya Kerajaan Tarumanegara ini? Berikut ulasannya sebagaimana diolah dari berbagai sumber, Senin (15/7/2024).

Asal-usul Kerajaan Tarumanegara


Kerajaan Tarumanegara didirikan sekitar abad ke-4 atau lebih tepatnya pada 358 M. Cikal bakal pendiriannya sendiri tak bisa dilepaskan dari sosok Rajadirajaguru Jayasingawarman dari India.

Sebagai informasi, Jayasingawarman merupakan seorang maharesi atau pemuka agama dari India. Ia disebutkan sebagai salah satu pemimpin rombongan pengungsi dari India yang datang ke Nusantara.


Jadi, sekitar abad ke-4, pulau-pulau di Nusantara banyak didatangi pengungsi dari India. Mereka umumnya mencari perlindungan akibat terjadi peperangan besar di tanah airnya.

Ketika berada di Nusantara, Jayasingawarman diterima oleh Raja Dewawarman VIII (348-362) dari Kerajaan Salakanagara. Ia bahkan diperkenankan untuk membuka sebuah wilayah dari kekuasaan kerajaan.

Seiring waktu, wilayah pemberian tersebut berkembang menjadi ramai. Jayasingawarman mengambil sebutan ‘Tarumanegara’ yang berasal dari nama tanaman di sekitar Sungai Citarum.

Dulunya, tanaman itu sering dipakai masyarakat setempat sebagai pewarna kain tenun atau pengawet pakaian. Setelahnya, era Kerajaan Tarumanegara pun dimulai dengan Jayasingawarman sebagai raja pertamanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)