3 Faktor Penyebab Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara, Apa Saja?

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 11:36 WIB
loading...
3 Faktor Penyebab Keruntuhan...
Kerajaan Tarumanegara merupakan sebuah kerajaan besar yang pernah eksis di nusantara. Foto/Ilustrasi
A A A
Kerajaan Tarumanegara merupakan sebuah kerajaan besar yang pernah eksis di nusantara. Keberadaannya sendiri dikatakan sejak abad ke-4, sehingga menjadikannya salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Tanah Air.

Pada riwayatnya, kehadiran Tarumanegara tak bisa dilepaskan dari sosok Jayasingawarman, seorang Maharesi asal India. Nama kerajaan ini konon diambil dari nama tanaman subur di sekitar Sungai Citarum, yakni pohon Tarum.

Kala itu pohon Tarum banyak dipakai masyarakat setempat sebagai pewarna kain dan pengawet pakaian. Era kejayaan Tarumanegara terjadi ketika pemerintahan Purnawarman.



Sebagai raja ketiga, dia terkenal dengan kisahnya dalam Prasasti Tugu, tepatnya ketika mempersembahkan 1.000 ekor sapi kepada para Brahmana. Sebagaimana kerajaan lain, Tarumanegara juga menghadapi fase kemunduran hingga keruntuhannya.

Berikut ini sejumlah faktor yang menjadikannya benar-benar runtuh dan menghilang.

Faktor Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara


1. Wafatnya Raja Linggawarman

Pada 669 masehi, Raja Linggawarman yang baru berkuasa selama tiga tahun meninggal dunia. Setelahnya, takhta kerajaan secara otomatis jatuh ke tangan menantunya, Tarusbawa.

Peralihan kekuasaan justru membawa Tarumanegara menuju ambang keruntuhan. Alasannya karena raja terpilih, Tarusbawa, lebih menginginkan untuk mengembalikan kejayaan kerajaannya sendiri, yaitu Sunda yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Tarumanegara.

2. Penolakan Kerajaan Galuh

Raja Linggawarman memiliki dua putri, yaitu Manasih dan Subakancana. Keduanya dinikahkan dengan dua raja dari kerajaan lain, yaitu Sunda dan Galuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)