Bupati Situbondo Sukses Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022

Kamis, 22 September 2022 - 23:37 WIB
loading...
A A A
Dengan kebijakan desentralisasi maka sebagian besar wewenang dalam penyelenggaraan daerah, pembangunan daerah dan pelayanan kepada masyarakat diserahkan oleh pemerintah pusat kepada daerah khususnya kabupaten dan kota.

Tetapi menurutnya, setelah lebih dari 22 tahun, kenyataan menunjukkan bahwa begitu banyak masalah. Karena itu dibutuhkan terobosan, inovasi. “Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan tentu saja ketika kita menyelesaikan satu tahap yang sangat kritis dalam penyelenggaraan negara ini yaitu mengatasi Covid-19, kita akan memasuki satu era yang disebut dengan era Post Covid,” ujarnya.

Agung mengajak seluruh kepala daerah dan masyarakat bekerja sama.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa ketika menemukan gubernur inovatif, bupati inovatif, wali kota inovatif di tengah kondisi penuh tantangan ini tentunya mengembirakan dan membanggakan.

“Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa bagi kita, betapa susahnya melakukan tata kelola pemerintahan daerah. Bagaimana mengatur anggaran untuk dialokasikan agar sesuai dengan keinginan Pemerintah Pusat. Tapi semuanya kini bisa kita rasakan, bahwa Indonesia termasuk negara yang sukses dalam menghadapi tantangan Covid-19,” tuturnya.

Keberhasilan ini semata-mata karena kerja sama Pemerintah Pusat dan daerah. Pemerintah daerah memberi ruang yang cukup kepada pemerintah daerah, kemudian pemerintah daerah juga memahami posisinya sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Bupati Situbondo Sukses Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022

Bupati Situbondo Karna Suwandi bersama berpose bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurnpara, serta kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ 2022. (Portal/Koran)

Menurut Bupati Karna Suwandhi penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan program Smart City yang diterapkan di Kabupaten Situbondo tak akan sukses tanpa peran aktif seluruh jajaran Pemkab dan segenap warga Situbondo.

“Semua elemen masyarakat Situbondo punya peran penting dalam mewujudkan Pemkab Situbondo yang maju dan sejahtera. "Berkat dukungan seluruh masyarakat program Smart City bisa berjalan," katanya.

Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 merupakan apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia dan Koran SINDO kepada para kepala daerah berprestasi baik gubernur, wali kota, dan bupati.

Bagi Bupati Karna Suswandi penghargaan KDI 2022 cukup penting untuk dapat menjadi pemantik semangat bagi seluruh jajaran Pemkab Situbondo agar senantiasa berupaya keras memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)