Penantian 48 Tahun Warga Dusun Merak Situbondo Menikmati Listrik 24 Jam

Senin, 18 Desember 2023 - 13:27 WIB
loading...
Penantian 48 Tahun Warga Dusun Merak Situbondo Menikmati Listrik 24 Jam
Penantian warga Merak Situbondo selama 48 tahun hidup tanpa listrik kini terbayar lunas. Foto/Istimewa
A A A
SITUBONDO - Rasa bahagia dan haru tampak dari raut muka Suliha (51). Penantian selama 48 tahun hidup tanpa listrik kini terbayar lunas. Suliha warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo yang berprofesi sebagai pencari kayu hutan.

Wilayahnya yang selama ini gelap gulita kini telah dialiri jaringan listrik. ”Alhamdulillah sekarang sudah mendapatkan listrik dari PLN, sebelumnya hanya bisa menyalakan lampu saja. Semoga dengan adanya listrik PLN menjadi lebih mudah dan nyaman,” kata Suliha, Senin (18/12/2023).

Perempuan yang tinggal bersama anak dan 4 cucu ini menjelaskan, warga mendapatkan penerangan dari listrik tenaga diesel yang dikelola warga setempat pada tahun 2008, 5 tahun kemudian pembangkit swasta harus berhenti operasi karena biaya operasional yang mahal.



Kurang lebih 2 tahun yang lalu mereka mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan daya yang terbatas mereka hanya dapat menyalakan lampu saja dan terbatas waktunya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Agus Kuswardoyo, belum berlistriknya Dusun Merak di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo ini disebabkan lokasinya sangat terpencil dan belum ada akses yang memadai untuk ke lokasi.

Untuk menempuh kawasan ini setidaknya harus menempuh jalan berbatu sepanjang 8 kilometer di kawasan taman nasional.



”Berkat sinergi dan kolaborasi yang apik antara PLN, Pemerintah Daerah dan Taman Nasional Baluran, jaringan listrik tegangan menengah (JTM) sepanjang 12.448 meter sirkuit dan jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 4.795 meter dibangun dan melistriki 210 KK,” katanya.

Saat ini Rasio Desa Berlistrik (RDB) Provinsi Jawa Timur saat ini sudah mencapai 99,94 persen, khusus di Situbondo sudah mencapai 100 persen. Sedangkan Rasio Elektrifikasi di Jawa Timur sudah mencapai 99,62% dan khusus di Situbondo sudah mencapai 99,99%.

”Proses pembangunan ini telah direncanakan jauh-jauh hari. Kami berkoordinasi cukup intens dengan pihak Taman Nasional Baluran dan mendapatkan support luar biasa. Bahkan kami mendapatkan supervisi agar tidak mengganggu ekosistem di Taman Nasional Baluran,” ucapnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bahwa tersambungnya aliran listrik di Dusun Merak ini adalah berkat kerja keras banyak pihak. Dimana tujuannya adalah satu yaitu untuk mewujudkan pemerataan akses listrik pada seluruh warga Jatim.

”Alhamdulillah ini adalah buah jawaban doa selama 48 tahun dari seluruh warga Dusun Merak yang dijawab Allah dengan tergeraknya banyak pihak Pemprov Jatim, dari Pemkab Situbondo dan PLN untuk bisa menyambungkan aliran listrik hingga ke sini,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)