4 Dewi Penguasa Lautan Nusantara, dari Ratu Kidul hingga Putri Mandalika

Sabtu, 17 September 2022 - 12:27 WIB
loading...
A A A
Mitos tentang Putri Hijau berkembang di wilayah Aceh dan Sumatera Utara. Dikisahkan terdapat seorang putri nan cantik dari Kesultanan Deli. Putri Hijau merupakan adik dari sang penguasa bernama Mambang Yazid.

Suatu saat datanglah lamaran dari Sultan Aceh untuk meminang Putri Hijau. Sayangnya penawaran itu ditolak dan membuat sang sultan murka sehingga mengirimkan bala tentara untuk memerangi Kesultanan Deli.

Dalam perang yang berkecamuk itu muncullah sesosok naga yang ternyata perwujudan dari Mambang Yazid. Naga tersebut membawa sang putri untuk dibawa ke dalam laut dan di sinilah singgasana baru sang Putri Hijau.

Baca juga : Kilau Sinar Betis Indah Ratu Laut Selatan yang Membuat Penguasa Mataram Terhenyak

3. Dewi Lanjar

Bila di selatan ada Ratu Kidul maka di utara terdapat Dewi Lanjar. Dewi ini dikisahkan berasal dari Pekalongan dengan nama asli Dewi Rara Kuning. Karena merupakan seorang janda dia disebut sebagai Dewi Lanjar.

Suatu hari dia sempat mendapat nasihat dari Panembahan Senopati dan Mahapatih Singoranu untuk menghadap Ratu Kidul demi memecahkan kegelisahannya yang menjanda dan tidak ingin menikah lagi.

Pertemuannya dengan Nyi Roro Kidul inilah dimana dia ingin diangkat menjadi anak buahnya. Karena itu dia dipercaya oleh Ratu Kidul untuk berkuasa di wilayah laut utara.

4. Putri Mandalika

Ternyata nama sirkuit yang berada di Lombok berdasarkan nama dari legenda pelindung lautnya yakni Putri Mandalika. Putri ini terkenal akan parasnya yang cantik dan sikapnya yang lembut pada jaman dulu di Kerajaan Sekar Kuning.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)