Gelar Festival Karawitan, SMB Ajak Anak Muda Cinta Budaya

Minggu, 21 Agustus 2022 - 18:51 WIB
loading...
A A A
"Peserta ada yang berasal dari Temanggung, Jepara, Cilacap, Kudus, dan asli Kabupaten Semarang. Kebanyakan pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa," ungkapnya.

Kustiani menambahkan, ada 3 poin penilaian dewan juri baik aransemen maupun koreografi. Keputusan akhir penentuan juara lomba dinilai dari keharmonisan, kekompakan, dan kreativitas.

"Poin penilaian peserta lomba ada 3 unsur tidak hanya aransemen musik. Rekapitulasi akhir juara berdasarkan keharmonisan irama dan vokal, kekompakan kelompok, dan kreativitas tata busana," sebutnya.

Pembimbing Masyarakat Budha Kanwil Kemenag Kabupaten Semarang, Karbono menjelaskan, jumlah peserta lomba karawitan masih terbatas, baru diikuti 15 kelompok seni karawitan.



"Festival karawitan perdana tahun 2022 ini baru diikuti 15 group karawitan. Selain keterbatasan dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, banyak kelompok seni dan pegiat seni tradisional yang belum bangkit setelah pandemi Covid-19," ujarnya.

Dari semua peserta, Karbono menilai, penampilan aransemen musik dan koreografi di panggung sudah sangat bagus.

Walau masih pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa bisa dibilang penampilan mereka bisa disejajarkan musisi profesional. "Sangat luar biasa, perpaduan aransemen musik gamelan, vokal, dan busana bisa menipu mata Dewan Juri dan penonton," tandasnya.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)