Indonesia Dorong Pendanaan Global untuk Kebudayaan Berkelanjutan

Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:56 WIB
loading...
A A A
Lanjut Hilmar, kesadaran terhadap kelestarian lingkungan dalam budaya masyarakat Indonesia sangat tinggi. Kesadaran itu, tambahnya, terlihat dalam berbagai tradisi dan filosofi hidup sehari-hari.

"Kurang lebih filosofinya gini deh. Mengambil itu secukupnya. Dengan begitu kita bisa menjaga kelestarian tapi orang gak kurang makan gitu," kata Hilmar.

Diakuinya bahwa praktek-praktek seperti ini tidak hanya ada diIndonesia tapi juga di berbagai negara-negara lainnya di dunia. Filosofi atau cara hidup yang bersumber dari local wisdom inibertebaran di mana-mana.

"Bahkan kita lihat, bukan hanya dipraktekan di pedesaaan tapi juga di perkotaan dengan menerapkan sistem pertanian urban farming dan sebagainya," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Maudy Ayunda selaku Tim Juru Bicara G20 mengatakan, hampir 50 persen penduduk Indonesia merupakan anak-anak muda. Dari total tersebut, hampir 80 persen memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan perubahan iklim.

Dengan total populasi yang besar dan kepedulian yang tinggiterhadap perubahan iklim dan kelestarian lingkungan, Maudy yakin anak muda dapat menjadi motor dalam gerakan ini. "Saya melihat generasi muda itu bisa menjadi motor yang sangat kencang gitu
ya dalam gerakan ini," ujarnya.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9960 seconds (0.1#10.140)