Pakar: Waspadai Bahaya Antimon pada Kemasan Galon PET

Rabu, 20 Juli 2022 - 17:17 WIB
loading...
A A A
Penelitian oleh Cheng et al. menemukan antimon di dalam air kemasan PET sebelum perlakuan sinar matahari, dapat disebabkan selama proses produksi terdapat residu dari antimon yang melekat pada botol kemasan PET. Suhu tempat penyimpanan air kemasan PET yang ada pada distributor juga turut mempengaruhi kualitas air kemasan. Semakin tinggi suhu ruang penyimpanan air kemasan PET maka semakin besar peluang untuk terjadinya peluluhan antimon.

Faktor lain yang berpotensi juga mempengaruhi adalah lama waktu penyimpanan atau lama waktu sejak air kemasan PET diproduksi. Semakin lama waktu penyimpanan air kemasan PET maka semakin banyak peluang peluluhan antimon dapat terjadi.

Antimon dan berbagai bentuk senyawanya adalah toksik yang dampaknya sama dengan keracunan arsen. Dalam kadar yang kecil, keracunan antimon dapat menyebabkan sakit kepala, pusing dan depresi. Dalam dosis besar menimbulkan violent dan muntah secara berkala serta dapat menyebabkan kematian dalam beberapa hari. Antimon bersifat karsinogenik namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.



Karenanya, penelitian yang dilakukan Poltekkes Kemenkes Surabaya ini merekomendasikan konsumen untuk tidak menyimpan air minum dalam kemasan PET pada tempat yang terpapar panas. Hal itu karena dapat meningkatkan peluang untuk terlepasnya senyawa antimon dari kemasan PET masuk ke dalam air kemasan.

Hal ini perlu menjadi catatan terutama bagi para pedagang dan distributor minuman agar mereka dapat benar-benar memahami makna dari anjuran untuk menyimpan air kemasan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari, serta bagi masyarakat umum untuk menghindari menyimpan air minum kemasan PET di dalam mobil yang terjemur sinar matahari.
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)