Masalah Kota Makin Kompleks, Peneliti Kembangkan Konsep Smarter World Living Lab

Kamis, 02 Juni 2022 - 11:29 WIB
loading...
Masalah Kota Makin Kompleks, Peneliti Kembangkan Konsep Smarter World Living Lab
SCCIC ITB mengembangkan konsep smarter world living lab untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin kompleks. Foto/Ilustrasi/Dok
A A A
BANDUNG - Konsep smarter world living lab yang tengah dikembangkan oleh para peneliti Smart City and Community Inovation Center Institut Teknologi Bandung (SCCIC ITB) diklaim sebagai solusi dalam mengatasi masalah perkotaan yang semakin kompleks.

Hal itu mengemuka dalam webinar yangmengangkat tema "Jaringan Smarter World Living Lab Tingkatkan Kualitas Hidup" yang digelar SCCIC ITB yang jugamenjadi host institution Task Force 2 T20 itu.



Co-Chair dari T-20,Prof BambangBrojonegoro mengatakan, tema webinar diusung berdasarkan salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh SCCIC ITB. Konsep world living lab sendiri, kata Bambang, merupakan salah satu inovasi yang dapat membantu percepatan smartisasi di berbagai bidang melalui konsep pembangunan smart world living lab.

Menurut Bambang, proses urbanisasi yang tidak terelakkan di abad ke-20 telah membawa banyak sekali pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Namun, seiring dengan hal itu, dampak negatif seperti permasalahan lingkungan, ekonomi, dan kesehatan juga muncul ke permukaan.

Menurutnya, smart city muncul sebagai sebuah solusi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup tanpa mengabaikan prinsip-prinsip keberlanjutan.

"Dalam smart city, living lab dapat dimanfaatkan sebagai ruang untuk mempertemukan pemerintah, penduduk, dan lembaga penelitian untuk secara kolaboratif mengatasi masalah perkotaan yang muncul beberapa tahun terakhir, seperti kemacetan lalu lintas, banjir, hingga kebutuhan atas lingkungan yang hijau," papar Bambang dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Bambang juga sangat menekankan kedua konsep perkotaan, yaitu smart city dan living lab dalam penyelesaian masalah perkotaan yang semakin kompleks tersebut. Baca Juga: Tempuh Langkah Strategis, Menteri Johnny : Kominfo akan Jadikan IKN New Smart City

Peneliti SCCIC ITB,Hendra Sandhi Firmansyah menjelaskan, berangkat dari kompleksnya permasalahan perkotaan yang ada dan inovasi-inovasi yang muncul belum menjawab permasalahan yang ada, maka SCCIC ITB kemudian memperkenalkan konsep living lab.

"Konsep ini merupakan sebuah konsep yang diaplikasikan pada suatu area terbatas dengan melibatkan pakar-pakar yang ahli di bidangnya. Kontributor dan partnertship yang terlibat dalam konsep ini meliputi pemerintah, industri, akademia, komunitas, dan masyarakat," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)