Gelar RDP, Dewan Usut Persoalan Penolakan Rapid Test

Jum'at, 12 Juni 2020 - 16:50 WIB
loading...
A A A
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menjelaskan bahwa, tingkat transmisi di Kota Makassar memang cukup tinggi sehingga persoalan rapid test memang perlu dimasifkan.

Perkembangan tersebut kata dia, cukup tajam dimana pada tiga hari lalu saja sekitar 70 kasus kemudian meningkat 145 dan hari ini tercatat 113 kasus. Dan rata-rata 30 penularan terjadi kepada para tenaga kesehatan.

"Transmisi lokal sangat kuat, sudah ditindaklanjuti. Masuk zona merah itu sudah 15 kecamatan sudah zona merah dengan penyebaran tertinggi," katanya.

Dia menyebut, penolakan mulai bergejolak sejak pihaknya melakukan rapid test di Pasar Ikan, beberapa pedagang yang diketahui reaktif terpantau berpindah ke luar daerah lantaran menolak dikarantina.

"Yah entah apa juga penyebabnya kenapa mereka tolak, apakah karena ekonomi, karena kalau dikarantina kan ditinggal dagangannya," ujarnya.

Naisyah menjelaskan bahwa, pihaknya bahkan pernah diburu oleh masyarakat yang handak dirapid pada suatu daerah yang dianggap episentrum.

Dia pun meminta perlindungan yang lebih masif kepada para tenaga medis yang bekerja, karena mereka bekerja di garis depan namun hari ini mereka yang kerap diserang secara psikologis oleh masyarakat.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)