Diduga Korban Rasisme, Tiga Pengusaha China Dibunuh dan Dibakar di Zambia

Senin, 08 Juni 2020 - 08:59 WIB
loading...
A A A
Sata pernah mengancam untuk mengakui Taiwan sebagai negara merdeka sebelum menjabat, ketika dia akhirnya menjadi presiden pada upaya keempatnya pada tahun 2011. Faktanya, dia memeluk China sebagai "teman sepanjang masa Zambia" dan mengabaikan janji kampanyenya.

Wali Kota Sampa adalah keponakan Sata, dan dia kemungkinan mengerti betapa sulitnya garis keras tentang China akan bermain dengan para pemilih dalam pemilu.

Pada saat ketegangan rasial global meningkat, Haggai mengatakan Sampa harus berhati-hati dalam bahasa yang dia gunakan ketika berbicara tentang kehadiran orang China untuk menghindari peningkatan xenophobia.

“Tentu saja, dia memiliki mandat dan tanggung jawab untuk memeriksa apa yang terjadi di perusahaan dan pabrik di wilayah yurisdiksinya, tetapi dia harus berhati-hati dengan apa yang dia katakan karena itu telah menjadi masalah yang sangat sensitif yang dapat memicu kebencian terhadap orang China," katanya.

Setelah diperingatkan untuk tetap berada di jalurnya oleh pejabat pemerintah pusat, yang mungkin menyadari ketergantungan ekonomi Zambia pada China, Sampa telah meminta maaf kepada komunitas China.

Dia berkata; "Saya ingin meminta maaf sepenuh hati...atas nada dan bahasa yang digunakan sehubungan dengan salah satu warga negara mereka, terutama penggunaan kata 'Chinaman'. Saya tidak tahu sampai sekarang bahwa ini adalah istilah yang merendahkan, tetapi sejak itu mereka telah mengajukan keluhan resmi terhadap penggunaan kata tersebut."

“Akhirnya, saya ingin meyakinkan semua investor asing di kota Lusaka bahwa kantor saya ada di sana untuk mendukung bisnis mereka 100 persen...kami akan melibatkan mereka dengan cara yang lebih sipil melalui kantor dan lembaga terkait," katanya.

Sebuah Peringatan

Ratusan orang berkumpul di tempat pembunuhan di Lusaka pada hari Senin untuk menyampaikan belasungkawa kepada para migran China yang kehilangan nyawa mereka. Orang-orang Zambia dan China berdiri berdampingan, mengenakan masker wajah, sambil berduka atas kematian.

Menurut Eric Shen, pengusaha Lusaka yang merupakan pemimpin upacara, pekerja tekstil Zambia mengatakan beberapa patah kata, yang kemudian sambutan kolega ekspatriat China.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)