Keberhasilan Operasi Tim Nanggala Kopassus dan Satgas Amole di Papua

Rabu, 01 Desember 2021 - 18:40 WIB
loading...
A A A
Personil Satgas Amole ini melaksanakan tiga tugas selama mengawal areal PT Freeport yang merupakan obyek vital nasional. Yakni melindungi karyawan dan masyarakat di sekitar areal tambang, melindungi kegiatan operasional perusahaan beserta asetnya, dan melaksanakan pengamanan terpadu bekerja sama dengan personil TNI dan satuan pengamanan PT Freeport lainnya.

Salah satu keberhasilan Satgas Amole pada awal 2019 antara lain dapat menggagalkan beberapa kali upaya pemotongan pipa tambang yang berisi consentrate, berhasil menangkap seluruh pelaku upaya penjarahan oleh penambang emas ilegal yang berjumlah 40 orang.

Satgas Amole juga berhasil menangkap penambang emas ilegal yang masuk ke wilayah pabrik berjumlah 67 orang selama dua bulan berturut-turut, menertibkan minuman keras di wilayah penugasan serta menangkap pencuri kabel tembaga di area underground dengan barang bukti 2 ton tembaga yang siap jual.

Bukan hanya itu Satgas Amole pada Juli 2007 berhasil menangkap Musa Tabuni salah satu pimpinan lokal OPM di Mile 71 dekat Ridge Camp.



Selain itu tim reaksi cepat Satgas Amole juga kerap mengamankan upaya penembakan terhadap iring-iringan bus milik PT Freeport Indonesia dari pihak TPNPB OPM.
(sms)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)