Tak Hormati Adat Istiadat Lokal, Ribuan Orang Dayak Bawa Sajam Gelar Aksi Tolak Ormas TBBR

Jum'at, 26 November 2021 - 15:28 WIB
Tak Hormati Adat Istiadat Lokal, Ribuan Orang Dayak Bawa Sajam Gelar Aksi Tolak Ormas TBBR
Ribuan massa dari Koalisi Ormas Dayak di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, turun ke jalan mengelar aksi damai menolak hadirnya Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajaknk (TBBR). Foto/iNews TV/Ade Sata
A A A
PALANGKARAYA - Ribuan massa dari 30 Ormas yang tergabung dalam Koalisi Ormas Dayak Kalimantan Tengah, turun ke jalan untuk menggelar aksi damai di Bundaran Besar Kota Palangkaraya, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Polisi Tetapkan 5 Tersangka Pelaku Pengeroyokan Bentrok Ormas di Karawang

Satu-persatu perwakilan Ormas Dayak, yang hadir dalam aksi tersebut menyampaikan orasinya. Mereka menolak hadirnya Ormas Tariu Borneo Bangkule Rajaknk (TBBR) asal Kalimantan Barat, di wilayah Kalimantan Tengah.





Ormas Dayak gabungan di Kalimantan Tengah tersebut, dengan tegas menolak hadirnya ormas TBBR, karena dinilai bertentangan dengan adat istiadat budaya lokal, serta falsafah huma betang.

Baca juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh Tanpa Busana, Polda Jabar Segera Ungkap Tersangka

Koordinator aksi damai, Bambang Irawan mengatakan, aksi ini digelar sebagai bentuk keprihatinan bersama, karena selama adanya ormas TBBR di Kalimantan Tengah, banyak hal yang bertentangan budaya lokal.

Tak Hormati Adat Istiadat Lokal, Ribuan Orang Dayak Bawa Sajam Gelar Aksi Tolak Ormas TBBR


"Bahkan, selama berada di Kalimantan Tengah, Ormas TBBR tidak pernah melakukan koordinasi baik dengan tokoh adat setempat maupun pemerintah daerah. Ini sangat bertentangan dengan budaya ketimuran yang kita junjung tinggi," tegasnya.

Baca juga: Bak Kiamat, Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah Warga di Jombang

Sebagai bentuk penolakan, para peserta aksi damai juga membubuhkan tanda tangan di atas kain putih. Aksi damai berjalan dengan aman dan tertib. Massa selanjutnya membubarkan diri menuju ke Gedung Betang Hapakat, untuk berkoordinasi dengan Dewan Adat Dayak.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1226 seconds (10.101#12.26)