Miris, Operasi Zero PMKS Temukan Banyak Eksploitasi Anak

Senin, 04 Oktober 2021 - 09:12 WIB
loading...
A A A


Dinsos Makassar juga berencana melakukan evaluasi bagi seluruh PMKS yang terjaring untuk selanjutnya diberikan pembinaan di tingkat kecamatan.

Sementara dari data terkahir yang dihimpun, sejak April tercatat sudah ada sebanyak 190 PMKS yang ditemukan, didominasi oleh anak jalanan yang mencapai 119.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar , Achi Soleman mengaku belum melakukan sinkronisasi data dengan Dinas Sosial terkait anjal. Meski demikian, dia menyebut memanag terjadi banyak eksploitasi anak di Kota Makassar.

"Tidak hanya Dinsos, yang kami dapatkan pun dari tim kami, entah dari shelter warga juga sampaikan, memang ada beberapa titik yang terjadi eksploitasi anak. Tahun lalu di Panakkukang kita juga dapat, itu ada mamanya hanya menunggu anaknya pergi mengemis," katanya.



Hal itu jelas melanggar UU Perlindungan anak dan Perda No 5 tahun 2018 tentang Perlindungan Anak. "Kalau anak bekerja itu masih ada ambang batas entah dia masih sekolah, kalau pekerja anak itu dia sudah sepanjang waktu dia bekerja, jadi sebenarnya ini sudah langgar UU dan Perda No 5," katanya.

Sejauh ini, pihaknya telah memberikan masukan ke orang tua yang terjaring. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak memberikan uang kepada anak-anak yang mengemis. Banyaknya jumlah anjal juga salah satunya dipengaruhi masyarakat cenderung memberikan uang.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)