Jaga Ketahanan Pangan, Mentan Ajak Semua Elemen Komitmen Laksanakan Food Estate

Sabtu, 29 Mei 2021 - 03:57 WIB
loading...
Jaga Ketahanan Pangan, Mentan Ajak Semua Elemen Komitmen Laksanakan Food Estate
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak elemen pemerintah daerah, termasuk kelompok tani berkomitmen melaksanakan Food Estate. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
PALEMBANG - Upaya mewujudkan visi menjadi agroindustri unggul di Asia, Pemprov Sumatera Selatan, telah melaksanakan Kick Off Food Estate Petani Bela Negeri Agrosolution yang di pusatkan di Desa Pegayut, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.



Untuk menyukseskan program tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak elemen pemerintah daerah, termasuk kelompok tani berkomitmen melaksanakan Food Estate sebagai semangat petani bela negeri.

" Food Estate ditargetkan akan mampu menembus pasar ekspor dan menekan impor pangan di Indonesia," ujar Syahrul Yasin Limpo usai melakukan Kick Off Food Estate, Jumat (28/5/2021).



Menurutnya, baru pada tahun ini, terutama menghadapi lebaran, gejolak harga hingga berujung impor masih bisa dikendalikan. Dalam sejarah 20 tahun terakhir, impor bisa ditekan terutama dalam menghadapi lebaran kemarin, seperti pada komoditas bawang putih hingga daging.

"Kita harus komit dan yakin, Food Estate mampu menggerakkan sektor ekonomi paling dasar di desa. Setelah desa bergerak, kecamatan maju, provinsi juga bagus, hingga pangan Indonesia tetap terjaga. Bisalah, kita gertak-gertak dikit untuk tidak impor ," ujarnya.



Dijelaskan Syahrul, sektor pertanian bukan hanya soal makan, namun juga ada ekonomi paling dasar di pedesaaan yang memberi hidup rakyat keseluruhan. Saat pandemi ini, misalnya dua sektor yang menjadi solusi, yakni aspek kesehatan dan mencukupi kebutuhan makanan melalui ketersediaan pangan.

"Pada masa pandemi saat ini, tenaga kerja di bidang pertanian justru meningkat. Saat ini, sudah ada 44 juta penduduk yang bergerak di sektor pertanian, yang mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya 38 juta penduduk," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)